Mengenal e-Money, Produk 'Receh' yang Kerap Dibutuhkan

My Money - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
12 April 2022 18:33
Foto: CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembayaran konvensional saat ini mulai ditinggalkan seiring berkembangnya digitalisasi transaksi. Uang elektronik atau biasa dikenal dengan e-money berfungsi sebagai pengganti uang tunai yang lebih modern dan praktis. 

Menurut Bank Indonesia, e-Money didefinisikan sebagai alat pembayaran yang memenuhi unsur-unsur seperti; diterbitkan atas dasar nilai uang yang disetor terlebih dahulu kepada penerbit, nilai uang disimpan secara elektronik dalam suatu media seperti server atau chip, dan nilai uang elektronik yang dikelola oleh penerbit bukan merupakan simpanan.

Selain memberi kemudahan transaksi tanpa tunai, e-Money juga sangat applicable untuk transaksi massal yang nilainya kecil namun frekuensinya tinggi, seperti transportasi, parkir, tol, fast food, dan lain sebagainya.


Meski begitu, e-Money juga memiliki beberapa kekurangan, seperti saldo yang tidak bsa diuangkan kembali. Lalu batas maksimal saldo yang tidak besar, serta hanya bisa digunakan pada mesin spesifik untuk pembayaran e-Money.

Di Indonesia, banyak masyarakat mengenal e-Money dalam bentuk kartu dan token. E-Money berbentuk kartu terdiri dari kartu prabayar dan kartu yang diterbitkan oleh institusi perbankan tertentu. Sementara itu, e-Money berbentuk token dapat berupa replika koin ataupun kumpulan gambar dan tulisan yang melekat pada smartphone seseorang. 

Pada e-Money kartu, umumnya dilengkapi dengan kartu chip yang tertanam di dalamnya untuk kegiatan transaksi dan juga dikeluarkan oleh lembaga institusi perbankan. Karena menggunakan dasar chip dan tidak memerlukan internet, maka e-Money hanya bisa digunakan pada beberapa tempat tertentu yang hanya bisa memiliki mesin pembaca saja.

Perizinan dan pengaturan penggunaan e-Money dilakukan oleh Bank Indonesia. Bank sentral di sini berperan sebagai lembaga pengatur sistem pembayaran di Tanah Air.

Untuk di Indonesia sendiri, ada beberapa bank yang saat ini sudah menerbitkan e-Money, seperti Bank BCA dengan Flazz, Bank Mandiri dengan e-Money, BNI dengan TapCash, BRI dengan Brizzi, dan lain-lain.

Umumnya, tempat-tempat penggunaan e-Money berada di pusat kota, karena banyak berhubungan dengan kesibukan masyarakat, sehingga berbagai metode pembayaran e-Money tersedia dengan koneksi yang lebih kencang. Namun dewasa ini, penggunaan e-money semakin masif, yang juga bisa dilakukan di supermarket hingga transportasi massal, hingga penyaluran bantuan sosial nontunai dari program-program pemerintah. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pekerja Informal Ingin Punya Rumah? Begini Cara KPR-nya!


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading