Ada Kartu ATM dan Kartu Debit, Bedanya Apa Sih?

My Money - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
21 March 2022 17:15
kartu debit BNI

Jakarta, CNBC Indonesia - Transaksi secara nontunai atau cashless sudah lazim digunakan masyarakat Indonesia. Data Bank Indonesia mencatat per Januari 2022, nilai transaksi uang elektronik tumbuh 66,65% secara tahunan mencapai Rp 34,6 triliun. Sementara itu, nilai transaksi digital banking meningkat 62,82% secara tahunan menjadi Rp 4.314,3 triliun.

Pihak perbankan pun telah menawarkan berbagai produk pembayaran nontunai, seperti e-money, kartu kredit, atau kartu debit. Dari sekian produk pembayaran itu, kartu debit barangkali lebih familiar digunakan.

Lantas apa yang membedakan kartu debit dan kartu ATM? Sebetulnya kartu ATM dan kartu debit memiliki fungsi yang sama atau hanya berbeda istilah saja.


Kartu debit diterbitkan oleh bank kepada nasabah sebagai sumber dana utama yang saldonya berasal dari pendapatan, tabungan, maupun simpanan. Demi efisiensi dalam penggunaannya, kartu ATM dan debit digabung menjadi satu kartu.

Adapun kartu itu akan disebut sebagai kartu ATM ketika difungsikan untuk melakukan tarik tunai melalui mesin ATM. Sementara ketika transaksi dilakukan melalui mesin electronic data capture (EDC), kartu itu akan berfungsi sebagai pembayaran debit.

Dikutip dari laman Bank Indonesia terdapat dua mekanisme penggunaan kartu debit untuk transaksi belanja yang saat ini masih menggunakan teknologi magnetic stripe menggunakan tanda tangan dan menggunakan PIN.

Mekanisme pertama adalah kartu debit diproses dengan cara menggesek kartu ke mesin EDC. Setelah digesek, terjadi proses online untuk verifikasi data dan kecukupan saldo pemegang kartu yang ada pada database server penerbit kartu.

Setelah proses verifikasi selesai, mesin EDC akan mengeluarkan bukti transaksi yang akan ditandatangani oleh pemegang kartu yang melakukan transaksi.

Sedangkan mekanisme kedua adalah kartu debit diproses dengan cara menggesekkan kartu ke mesin EDC. Setelah digesek, pengguna mengisi PIN pada mesin EDC.

Selanjutnya, akan terjadi proses online untuk verifikasi data dan kecukupan saldo pemegang kartu yang ada pada database server penerbit kartu. Kemudian mesin EDC akan mengeluarkan bukti transaksi yang akan ditandatangani oleh pemegang kartu yang melakukan transaksi.

Kartu ATM ini bisa digunakan untuk pembayaran secara debit di minimarket, supermarket, restoran, butik, toko elektronik selama toko-toko tersebut menyediakan EDC bagi kartu berlogo Visa dan Mastercard. Adapun kartu debit dengan provider Visa dan Mastercard, rata-rata dapat berlaku di berbagai merchant.

Tak hanya itu, kartu ATM atau kartu debit juga memiliki berbagai keunggulan, seperti praktis dan mudah digunakan di banyak tempat, tidak terdapat bunga bank, dan tidak memiliki batas penggunaan selama saldo nasabah mencukupi.

Pada penampakan fisiknya pada bagian depan bawah kartu kartu ATM atau kartu debit ini terdapat tulisan debit dekat logo Visa atau MasterCard. Selain itu, terdapat nama bank penerbit tercetak di sudut kanan atas kartu.

Selanjutnya, pada terdapat 3 atau 4 digit kode yang merupakan identitas pengguna yang tercatat di bank penerbit dan pada bagian belakang bawah kartu terdapat nama jaringan transaksi keuangan, biasanya terdapat nama Prima, Cirrus, dan ATM Bersama.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading