Mau Beli Mobil Keluaran Terbaru? Lewat KKB Yok!

My Money - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
07 April 2022 19:30
IIMS 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jumat (1/4/2022) (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sederet produsen mobil siap merilis produk-produk terbaru 2022 hingga akhir tahun nanti. Belum genap empat bulan, sedikitnya ada tujuh mobil baru yang resmi dirilis di awal tahun ini. 

Meski penjualan mobil sempat menurun akibat pandemi, beberapa pabrikan mobil ternama seperti Honda, Mitsubishi, hingga Toyota tak pantang mundur dan membawa mobil baru 2022 masuk ke Indonesia.

Mobil-mobil baru ini berasal dari banyak segmen dan didominasi oleh MPV serta SUV. Harganya pun beragam, mulai dari Rp 200-an juta untuk mobil MPV keluarga hingga miliaran seperti banyak digunakan para pejabat.


Untuk membawa pulang mobil tersebut darishowroomke garasi rumah, harga memang sering menjadi pertimbangan banyak orang. Namun, para calon pemilik sebetulnya bisa menyiasati hal ini sehingga membeli mobil tak perlu menguras rekening.

Salah satu cara untuk untuk mewujudkannya impian itu adalah melalui kredit atau pembiayaan dari pihak ketiga, seperti melalui pinjaman di bank kredit kendaraan. Perbankan menyediakan fasilitas ini melalui kredit kendaraan bermotor (KKB), dalam kaitannya dengan artikel ini adalah melalui kredit pemilikan mobil (KPM). KKB diberikan perbankan agar masyarakat bisa memiliki kendaraan bermotor, khususnya roda 4 atau mobil yang notabene memiliki harga cukuo tinggi.

Melakukan pembelian kendaraan melalui KKB tentunya akan cukup meringankan. Pembeli pun bisa mendapatkan jenis kendaraan yang diinginkan tanpa harus membayar biaya penuh.Adapun sisa pembayaran dapat dibayar dengan cara dicicil setiap bulan.

Sementara itu, KKB bisa diajukan untuk mendapatkan mobil baru maupun bekas (used car), baik itu jenis mobil, truk, atau bus. Akan tetapi untuk jenis mobil jadul dengan usia tua, tentunya tidak dapat menggunakan sistem pembelian dengan skema kredit tersebut. 

Untuk melakukan pinjaman KKB diperlukan persyaratan dan dokumen yang harus dilengkapi oleh calon pembeli kendaraan bermotor atau disebut calon debitur, di antaranya.

1. Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dan menetap di Indonesia;

2. Jenis pekerjaan karyawan tetap/wiraswasta/profesional/perusahaan dengan lama bekerja minimal 2 tahun (tetap);

3. Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah dengan maksimal 55 tahun (saat kredit berakhir); dan

4. Menyiapkan uang muka atau down payment.

Selain beberapa dokumen umum tersebut, ada pula beberapa dokumen tambahan lainnya, di antaranya.

1. Fotocopy KTP untuk pasangan suami istri atau pihak pemohon dapat diwakilkan oleh orang tua, terutama bagi yang belum menikah;

2. Fotokopi Kartu Keluarga;

3. Fotokopi Kartu Identitas seperti halnya KTP, Paspor, dan SIM;

4. Fotokopi Akta Nikah;

5. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);

6. Fotokopi rekening koran atau bahkan tabungan dengan hasil cetakan 3 bulan terakhir;

7. Formulir untuk permohonan pengajuan;

8. Slip gaji selama 3 bulan terakhir; dan

9. Tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir (bagi yang memilikinya).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Sampai Bengkak! Gini Pakai Kartu Kredit dengan Bijak


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading