6 Tips Mengelola Keuangan Saat Merencakan Kegiatan Liburan

My Money - Advertorial, CNBC Indonesia
16 February 2022 00:00
adv rankpillar

Jakarta, CNBC Indonesia - Berlibur adalah salah satu cara yang tepat untuk sejenak meringankan beban pikiran akibat penatnya pekerjaan yang menumpuk. Berlibur juga menjadi salah satu aktivitas yang penting untuk Anda lakukan, terlebih jika Anda adalah pekerja sibuk dengan jadwal bekerja yang sangat padat. Berbagai destinasi wisata bisa anda pilih untuk menjadi tempat anda menenangkan pikiran. Anda bisa memilih ke luar kota, ke luar negeri, atau bahkan sekedar pergi staycation di kota tempat anda tinggal.

Semua ini tentunya tetap disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jangan sampai rencana liburan Anda berantakan karena tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. Jika Anda memiliki anggaran lebih, Anda bisa merencanakan liburan sesuai yang Anda mau. Namun, jika dana Anda terbatas, apakah Anda tidak bisa liburan dan rencana berlibur Anda harus dicancel? Tentu tidak. Karena ada fitur PayLater Traveloka yang bisa Anda manfaatkan.

Ada beberapa tips untuk mengelola keuangan ketika liburan, agar tidak melebihi dari budget yang Anda miliki. Simak selengkapnya!

Memanfaatkan fitur PayLater di Traveloka

Salah satu fitur yang bisa membantu Anda untuk mengelola keuangan ketika Anda berencana untuk liburan adalah fitur PayLater yang disediakan oleh Traveloka. PayLater ini adalah metode pembayaran semacam kredit online, yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan cicilan tanpa kartu kredit, termasuk untuk cicilan tiket pesawat dan kebutuhan akomodasi liburan yang lainnya.

Selain membantu mengatur keuangan untuk keperluan berlibur, PayLater juga berlaku untuk semua produk yang tersedia di Traveloka, kecuali pembayaran tagihan dan top-up pulsa.

Cara menggunakannya juga sangatlah cepat dan mudah, sebelumnya Anda perlu mendaftar terlebih dahulu. Cukup sediakan KTP sah Indonesia dan data pribadi Anda, kemudian lakukan pendaftaran PayLater dan mendapatkan limit yang jumlahnya bisa mencapai 50 juta dengan cicilan 1-12 bulan dengan bunga yang rendah.

Beberapa keuntungan lainnya bisa Anda dapatkan ketika menggunakan PayLater untuk mengelola keuangan ketika Anda liburan. Anda bisa dengan mudah membeli produk di Traveloka tanpa harus membayarnya di hari yang bersamaan. Layaknya membayar cashless namun tanpa kartu kredit, PayLater bisa Anda gunakan untuk mempermudah proses pembayaran akomodasi liburan seperti tiket pesawat, reservasi hotel, dan lain sebagainya.

Mencari Promo dan Diskon

Hal yang tidak kalah penting untuk Anda lakukan ketika mempersiapkan segala akomodasi untuk liburan adalah mencari promo dan diskon. Promo dan diskon yang tersedia akan sangat membantu untuk mengurangi resiko pemborosan ketika liburan. Anda bisa mencari voucher promo untuk tiket pesawat, ataupun reservasi hotel. Anda juga bisa memanfaatkan diskon atau potongan harga yang sedang tersedia saat itu juga.

Mencatat Rencana Pengeluaran Secara Detail

Sebelum merealisasikan liburan, alangkah baiknya Anda merencanakan pengeluaran terlebih dahulu untuk menghindari pengeluaran yang berlebih nantinya. Caranya adalah dengan menuliskan list perkiraan pengeluaran yang akan Anda keluarkan. Misalnya seperti biaya untuk tiket pesawat, biaya untuk makan perhari, biaya untuk sewa penginapan, hingga perkiraan biaya untuk pengeluaran yang tidak terduga.

Anda bisa menuliskan secara detail, namun catatan rencana pengeluaran ini masih termasuk rencana kasaran saja. Setidaknya Anda memiliki perkiraan sehingga Anda bisa memperkirakan apakah liburan tersebut melebihi budget yang Anda miliki atau tidak.

Mencatat Tempat yang Akan Anda Kunjungi

Masih sama dengan poin ke 3 di atas, ketika Anda merencanakan liburan, Anda bisa merencanakan tempat mana saja yang akan Anda kunjungi. Banyak pilihan tempat yang bisa anda kunjungi dan tentunya bisa sekaligus perkirakan biayanya.

Semisal, Anda berencana mengunjungi tempat wisata yang murah meriah seperti wisata alam, yang biasanya hanya mematok harga untuk bayar parkir saja. Atau Anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat instagrammable yang sedang ramai dan populer seperti cafe, restoran yang tentunya perlu direncanakan pengeluarannya, agar tidak boros nantinya.

Mencatat Pengeluaran Harian

Selama beberapa hari Anda pergi liburan, alangkah baiknya Anda mencatat pengeluaran harian setiap harinya. Sebelumnya merealisasikan liburan Anda, pastikan telah memegang catatan rencana pengeluaran yang sudah Anda buat.

Kali ini, Anda mencatat pengeluaran harian untuk memperkirakan apakah liburan Anda tetap berada di budget yang pas atau malah melebihi, sehingga akan terjadi pemborosan. Jika memang melebihi budget, Anda bisa menyiasati untuk liburan di hari selanjutnya agar tidak melebihi juga. Dengan begini, liburan Anda tetap berjalan, dan keuangan tetap terkelola dengan baik.

Tidak Membeli Sesuatu yang Tidak Diperlukan

Ketika Anda pergi berlibur, pastinya Anda ingin sekali membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah. Bisa untuk dibagikan ke keluarga, teman terdekat, dan lain sebagainya. Pastikan Anda membeli sesuatu yang memang diperlukan saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengeluaran yang membludak.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengelola keuangan ketika Anda ingin liburan, agar tidak melebihi budget yang Anda miliki. Masalah keuangan dan budget adalah salah satu hal yang perlu dipersiapkan sebelum liburan.

Jangan sampai liburan Anda akhirnya berujung kepada pemborosan jika Anda tidak bisa mengelola pengeluaran dengan baik. Penggunaan Paylater menjadi salah satu solusi untuk mengelola pengeluaran Anda. Paylater akan membantu proses pembayaran Anda secara kredit dengan cara yang cepat dan mudah.

Artikel Selanjutnya

Cuma di Blibli, Anda Bisa Ikutan Lelang Secara Online!


(adv/adv)
Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading