Mau Investasi Saham Tapi Gaji di Bawah UMR? Nih Caranya!

My Money - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
12 January 2022 13:01
Selebriti yang Memiliki Investasi Brilian

Jakarta, CNBC Indonesia - Siapa bilang mulai investasi harus punya modal besar? Nih, tips investasi saham untuk para investor pemula yang gajinya masih di bawah UMR!

Investasi penting untuk dilakukan agar Anda mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus bekerja, alias passive income. Apalagi di era modern seperti saat ini, sudah banyak kaum muda yang mulai untuk melek investasi.

Namun, seringkali orang menganggap bahwa untuk memulai investasi, kita harus memiliki penghasilan yang sangat besar. Bagaimana jika masih memiliki gaji di bawah upah minimum regional atau UMR? Apakah tetap bisa investasi?


Nah, untuk itu kita akan membahas bagaimana caranya berinvestasi bagi para pemula yang masih memiliki penghasilan di bawah UMR per bulannya. Yuk simak tips-tipsnya berikut ini!

Instrumen Investasi Saham Bermodal Kecil

Sekarang ini, sudah banyak instrumen investasi yang tidak membutuhkan modal besar. Bahkan, jika kalian masih berpenghasilan UMR pun tetap bisa terjun ke dunia investasi saham. Bukan hanya bagi para pekerja, seorang mahasiswa pun sudah bisa untuk berinvestasi saham loh!

Sudah banyak instrumen investasi yang semakin memudahkan para investor pemula. Jika Anda sudah memiliki tekad dan tujuan yang kuat untuk berinvestasi, maka Anda memulai untuk menyisihkan uang receh mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu per harinya.

Sebelum membahas mengenai cara berinvestasi saham dengan gaji di bawah UMR, ketahui terlebih dahulu instrumen investasi yang bisa Anda gunakan. Berikut adalah sarana investasi yang mudah digunakan, menguntungkan dan tentunya bermodal kecil:

1. Investasi Reksadana

Investasi reksadana bisa digunakan oleh para investor pemula yang baru terjun. Untuk bisa membeli reksadana, Anda tidak membutuhkan modal tinggi dan risikonya pun relatif rendah. Banyak produk reksadana yang bisa Anda beli melalui aplikasi online dengan minimal harga Rp 10 ribu saja.

Dana yang Anda investasikan akan dikelola oleh manajer investasi atau MI ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi atau deposito. Karena uang dikelola oleh MI, tentunya Anda harus mencari tahu pergerakan reksadana di masa lalu agar bisa menanam modal dengan tepat.

2. Investasi Saham

Investasi saham seringkali dikaitkan dengan penghasilan besar karena banyak orang yang mengira investasi saham harus memiliki modal besar. Akhirnya, banyak orang yang tidak percaya diri untuk terjun ke dunia investasi saham di pasar modal.

Bagi pemula yang masih memiliki modal kecil, Anda bisa mencoba beli saham kecil-kecilan dan dilakukan secara rutin. Seperti misalkan dengan membeli saham 1 lot perbulannya. Istilah nabung saham ini menjadi salah satu program yang sedang digulirkan oleh PT Bursa Efek Indonesia.

3. Investasi Emas

Investasi emas batangan lebih direkomendasikan dibandingkan dengan perhiasan jika Anda menginginkan imbalan dalam jangka panjang. Walaupun harganya terbilang mahal, saat ini Anda sudah bisa membeli emas batangan dengan cara dicicil melalui lembaga keuangan seperti Pegadaian hingga e-commerce.

Halaman Selanjutnya >>> Cara Bisa Investasi Saham Tapi Gaji di Bawah UMR

Cara Bisa Investasi Saham Tapi Gaji di Bawah UMR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading