Jangan Dibuka, Ini Modus Perampokan Rekening Lewat WhatsApp

Market - teti purwanti, CNBC Indonesia
28 January 2023 16:30
Penipuan Whatsapp Foto: Doc. Instagram @ccicpolri

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada saja modus baru dalam penipuan keuangan. Apalagi di era digital yang sangat memudahkan banyak uang pada sektor keuangan. Terbaru, ada penipuan dengan modus undangan pernikahan.

Mengirimkan undangan pernikahan lewat WhatsApp memang bukan sesuatu yang aneh. Dibandingkan dengan mengirimkan undangan fisik, saat ini banyak yang menggantinya dengan mengirimkan melalui nomor kontak WhatsApp.

Sekarang juga ada yang melakukan penipuan dengan mengirimkan undangan lewat WhatsApp. Namun surat itu berbentuk (.apk), bukan file melainkan aplikasi yang berjalan dengan sistem operasi Android.

Himbauan soal penipuan modus ini banyak dibagikan beberapa pihak dan ramai diperbincangan di media sosial. Salah satunya diunggah melalui akun Instagram @jktgo.

Dalam tangkapan layar yang beredar, pengirim pesan hanya mengirimkan file (.apk) dengan judul Surat Undangan Pernikahan Digital. Setelah itu ada pesan berikutnya yang bertuliskan "Kami harap kehadirannya".

Pengirim tak menuliskan informasi pemberi undangan tersebut. Penerima pesan hanya menanyakan siapa yang mengirimkan itu.

Setelah ditanya, pengirim tak menjawabnya dan hanya meminta untuk membuka file yang dikirimkan untuk kejelasan tersebut.

Ternyata saat file tersebut dibuka akan memberikan informasi One Time Password aplikasi banking mobile yang dimiliki korban.

Setelah OTP di tangan pelaku, maka mereka bisa leluasa memegang akun bank korban. Setelah itu rekening mereka akan dikuras habis oleh para pelaku penipu.

Jadi ingat hati-hati saat menerima file apapun yang dikirimkan oleh orang yang tidak dikenal melalui WhatsApp. Jangan membuka sembarangan file tersebut, ya!


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Waspada! Asal Install Aplikasi Bikin Data Pribadi Dicuri


(tep/ayh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading