Sosok Berpengaruh Ini Jadi Penguasa BPR di Ambon Hingga Papua

Market - Ayyi Hidayah, CNBC Indonesia
21 December 2022 14:45
BPR Modern Express (Dok: BPR Modern Express) Foto: BPR Modern Express (Dok: BPR Modern Express)

Jakarta, CNBC Indonesia - Satu Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang memiliki aset jumbo dan memiliki jaringan yang kuat di Indonesia, terutama bagian timur dimiliki oleh salah satu orang berpengaruh.

Ya, BPR Modern Express asal Ambon, Maluku dengan total aset sebesar Rp 2,31 triliun per September 2022 bukan bank kaleng-kelang. BPR ini telah merealisasikan pembiayaan sebesar Rp 1,13 triliun dan menghimpun dana pihak ketiga (DPK) senilai Rp 2,10 triliun dengan kas sebesar Rp 4,5 triliun.

BPR Modern Express berdiri sejak 1988 dan hingga 2019 memiliki sebuah kantor pusat, sembilan kantor cabang, dan delapan kantor kas, serta ribuan nasabah di Provinsi Maluku dan wilayah timur Indonesia lainnya.

Lalu siapakah pemilik BPR jumbo ini? 95% saham BPR Modern Express dimiliki oleh PT Modern Multiartha, sedangkan 5% milik lain-lain, seperti dikutip dari laman resmi BPR Modern Express, Jumat (16/12/2022).

Adapun Modern Multiartha (MMA), sebuah perusahaan nasional dalam bidang usaha Holding Investment, berdiri pada tahun 1997. Fokus investasi MMA adalah financial services solution (pelayanan solusi finansial), khususnya di industri perbankan dan solusi teknologi perbankan.

Adapun Founder MMA adalah Bob Sugiarto, Sonny Waplau, dan Robinson Sanjaya.

Diketahui, portofolio MMA lebih banyak ke dalam penempatan saham di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di beberapa propinsi di Indonesia, seperti BPR Modern Express, BPR Irian Sentosa, BPR Palu Lokadana Utama, BPR Modern Express Jateng, BPR Modern Express Maluku Utara, BPR Modern Express Papua Barat, BPR Modern Express NTT, BPR Modern Express Sulawesi Selatan, BPR Modern Express Sultra, dan BPR Modern Express Sulut.

Sonny Waplau sendiri adalah seorang pria kelahiran Maluku Tengah dan pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari fraksi Demokrat.
Dia terpilih menjadi anggota komisi V DPR -RI pada periode 2009 - 2014 yang menangani masalah Perhubungan, Telekomunikasi, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Pembangunan Pedesaan dan kawasan tertinggal. Saat ini, dirinya menjabat sebagai founder dan Komisaris Utama di MMA.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siap-siap BPR Ganti Nama, Begini Penjelasan Sri Mulyani!


(ayh/ayh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading