Dukung G20, BRI Buka Akses UMKM ke Global Supply Chain

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
22 November 2022 15:23
BRI Foto: Dok BRI

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) terus berupaya membuka akses pelaku UMKM Indonesia ke rantai nilai global dan trade finance. Hal ini sejalan dengan isu inklusi keuangan dan digitalisasi UMKM yang menjadi salah satu agenda prioritas sektor keuangan dalam Presidensi G20 Indonesia 2022.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI, Amam Sukriyanto berharap dengan pentingnya pembahasan tersebut di G20, ke depan akses ke rantai nilai global dan trade finance semakin mudah bagi UMKM dan mendorong mereka untuk go global.

Adapun komitmen BRI dalam mendorong UMKM naik kelas dan go global salah satunya melalui BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022. Program rutin BRI tersebut telah dilaksanakan, pada 15-17 Desember 2022 yang sekaligus juga menjadi showcase di G20 2022 Summit di Apurva Kempinski Bali.

"Kami menampilkan 26 dari produk UMKM Indonesia terbaik di mata dunia yang mampu bersaing di pasar global," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (22/11/2022).

Lebih lanjut, BRI tak hanya membantu melalui penyediaan pembiayaan, tetapi juga memberikan edukasi yang memadai bagi UMKM, mulai dari bagaimana memproduksi barang atau jasa secara efisien, inovasi produk, manajemen keuangan, dokumen dan sertifikasi yang dibutuhkan, serta strategi meningkatkan akses pasar global.

"Hal-hal tersebut akan memungkinkan pengusaha UMKM untuk dapat terus tumbuh secara berkelanjutan dan mampu bersaing secara global," imbuhnya.

Amam optimistis, Presidensi G20 yang merupakan bukti pengakuan dan kepercayaan internasional terhadap Indonesia, mampu menjadi lokomotif dan mendatangkan dampak positif bagi perekonomian nasional.

Dengan demikian, hal itu akan mendorong investasi UMKM dalam negeri, mengingat saat ini 80% investor global berasal dari negara-negara G20.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Borong 3 Penghargaan, BRI Raih Pengakuan Internasional


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading