Inspiratif! Ini Bisnis Ratusan Triliun 10 Orang Terkaya China

Market - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
12 November 2022 12:15
INFOGRAFIS, 5 Orang Terkaya di China Foto: Infografis/ 5 Orang Terkaya di China/ Edward Ricardo

Jakarta, CNBC Indonesia - Kondisi ekonomi, politik, dan pandemi Covid-19 yang terjadi menyebabkan harta dari orang-orang terkaya China turun. Namun, bukan berarti mereka jatuh miskin begitu saja.

Berdasarkan data Forbes, jumlah harta dari 100 orang terkaya di China jatuh 39%, dari US$ 1,48 triliun di 2021 menjadi US$ 907,1 miliar di 2022.

Dalam data yang dikutip, Sabtu (12/11/2022) tersebut, berikut profil 10 orang terkaya di China dan bisnis yang mereka geluti:

Daftar Bisnis Orang Terkaya China

1. Zhong Shanshan

Menurut Forbes, harta kekayaan Shanshan mencapai US$ 66,7 miliar atau mencapai Rp 1.000 triliun lebih.

Pria berumur 67 tahun ini merupakan pendiri dari Nongfu Spring, perusahaan air mineral botol dan galon yang sudah tercatat di bursa saham Hong Kong pada September 2020.

Dilahirkan di Hangzhou, China, Zhong pernah dikeluarkan alias dropout saat duduk di Sekolah Dasar (SD), akibat kerusuhan revolusi budaya di China.

Kisah karir Zhong menjadi orang terkaya dimulai dari bawah dan susah. Setelah dikeluarkan dari sekolah, dia mulai bekerja mencari uang dengan menjadi pekerja kuli bangunan. Pria ini juga pernah menjadi wartawan koran, dan tenaga penjual atau sales produk minuman. Setelah itu baru Zhong mulai mendirikan usaha sendiri.

Selain Nongfu Spring, Zhong juga memiliki perusahaan farmasi bernama Beijing Wantai Biological Pharmacy. Perusahaan ini membuat alat tes cepat atau rapid test untuk Covid-19.

2. Zhang Yiming

Zhang Yiming, pendiri ByteDance yang memiliki TikTok tercatat sebagai orang terkaya nomor dua di China.

Meski baru berumur 38 tahun, jumlah kekayaan Zhang menurut catatan Forbes mencapai US$ 49,5 miliar atau sekitar Rp 742 triliun lebih. ByteDance merupakan perusahaan teknologi raksasa di China, pemilik TikTok yang saat ini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna.

Selain TikTok, ByteDance juga memiliki jaringan rumah sakit terbesar di China, dan juga memiliki ketertarikan untuk berbisnis di sektor media, edukasi, hingga video games.

Cerita menariknya adalah, Zhang memulai bisnis ByteDance pada 2012 dari apartemen kecil di Beijing. Dari situ, dalam beberapa bulan, Zhang meluncurkan aplikasi agregator berita bernama Toutiao.

3. Robin Zeng

Robin merupakan pendiri dari Contemporary Amperex Technology (CATL), pemasok baterai untuk kendaraan listrik terbesar di dunia. CATL sudah tercatat di bursa sahan Shenzhen sejak 2018.

Perusahaan ini memasok baterai untuk BMW, Volkswagen (VW), dan juga Geely.

Menurut catatan terkini Forbes, Robin memiliki harta kekayaan US$ 31,2 miliar atau sekitar Rp 468 triliun. Pria berumur 53 tahun ini memiliki gelar Ph.D dari Institute of Phisyics di Chinese Academy of Sciences.

4. Ma Huateng

Ma merupakan pemilik dari perusahaan teknologi raksasa China, yaitu Tencent Holdings. Di China, Tencent terkenal lewat aplikasi pesan bernama WeChat yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna.

Tencent juga memiliki saham di perusahaan video games terkenal asal Amerika Serikat (AS), yaitu Epic Games, yang merupakan salah satu penerbit video games terbesar di dunia.

Tak hanya itu, Tencent juga memiliki saham di Tesla, Spotify, hingga Tencent Music.

Sebelum mulai mendirikan Tencent di 1998, Ma merupakan pemimpin riset dan pengembangan dari internet di China Motion Telecom Development.

Pria berumur 51 tahun ini tercatat memiliki harta US$ 28,3 miliar atau sekitar Rp 424,5 triliun.

5. Jack Ma

Siapa tak kenal Jack Ma, yang pernah menduduki posisi orang terkaya nomor satu di China. Mantan guru bahasa Inggris ini sukses dari perusahaan e-commerce Alibaba Group yang dia dirikan pada 1999.

Jack mundur dari posisi chairman di Alibaba pada 2019. Sekarang dia juga berencana untuk menyerahkan kontrolnya di perusahaan fintech bernama Ant Group.

Menurut data Forbes, saat ini Jack memiliki harta US$ 21,2 miliar atau sekitar Rp 318 triliun.

6. Wang Wei

Wang merupakan pemilik dari SF Holding atau SF Express, yang merupakan perusahaan ekspedisi dan pengiriman seperti FedEx.

Pada Maret 2018, perusahaan ini mendapatkan lisensi untuk melakukan pengiriman barang menggunakan drone.

SF didirikan di kota Shunde provinsi Guangdong pada 1993. Wang sendiri memiliki 60% saham di perusahaan tersebut.

Menurut Forbes, pria 52 tahun ini memiliki harta US$ 20,5 miliar atau sekitar Rp 307,5 triliun.

7. He Xiangjian

Pria berumur 80 tahun ini merupakan seorang pengusaha yang mendirikan Midea Group, salah satu perusahaan pembuat beragam peralatan terbesar di dunia.

Usaha He dimulai pada 1968. Saat itu dia memimpin 23 penduduk di kota Beijiao, provinsi Guangdong, untuk membuat berbagai peralatan di sebuah bengkel, yang akhirnya menjadi cikal bakal Midea.

Midea Group saat ini tercatat di bursa saham Shenzhen, dan memilik lebih dari 200 anak usaha di berbagai belahan dunia.

Pada 2012, He mundur dari Midea Group, dan menyerahkan kekuasaannya kepada anaknya yaitu He Jianfeng yang menjabat sebagai direktur di Midea Group dan Midea Real Estate Holding.

Harta kekayaan He saat ini mencapai US$ 20,7 miliar atau sekitar Rp 307 triliun.

8. William Lei Ding

William merupakan CEO dari NetEase, salah satu perusahaan game online terbesar di dunia. NetEase memiliki sejumlah partner, termasuk Mojang, anak usaha Microsoft, dan juga Blizzard Entertainment.

NetEase yang berkompetisi ketat dengan rivalnya yaitu Tencent, mulai ekspansi ke bisnis perfilman, musik online, hingga e-commerce.

Pada 2003, William pernah menjadi orang terkaya di China karena bisnis internet dan video game yang digelutinya.

Pria berumur 51 tahun tersebut, saat ini mencapai US$ 20,7 miliar atau sekitar Rp 307 triliun.

9. Colin Zheng Huang

Colin merupakan mantan chairman dari Pinduoduo, salah satu situs e-commerce terbesar di China. Perusahaan tersebut berhasil mendapatkan dana US$ 1,6 miliar atau sekitar Rp 24 triliun dari IPO di Amerika Serikat (AS) pada Juli 2018.

Pinduoduo sempat mendapat kritikan keras karena menjual banyak produk-produk palsu.

Sebelumnya, Colin pernah mendirikan perusahaan game online Xinyoudi dan juga e-commerce bernama Ouku.com.

Perjalanan karir Colin, dia pernah magang di Microsoft dan memulai karir profesionalnya di Google pada 2004.

Pria 42 tahun ini merupakan lulusan dari Universitas Wisconsin dengan jurusan computer science.

Menurut Forbes, Colin memiliki harta US$ 22,6 miliar atau sekitar Rp 339 triliun.

10. Qing Yinglin

Pria 57 tahun ini menjadi salah satu orang terkaya di dunia berkat bisnis ternak babi.

Qin Yinglin saat ini merupakan pimpinan perusahaan Muyuan Foodstuff yang menjalankan peternakan babi terbesar di seantero Negeri Tirai Bambu.

Dia lahir di desa Neixiang di Henan, yang merupakan provinsi terpadat di China. Qin belajar peternakan di Henan Agricultural University, dan memulai bisnis bersama istrinya Qian Ying yang sekarang duduk di jajaran petinggi Muyuan.

Qin dan istrinya memulai bisnis dengan 22 ekor babi pada 1992 dan sekarang menjadi perusahaan besar.

Dari bisnisnya tersebut, Qin tercatat memiliki kekayaan US$ 18,7 miliar atau sekitar Rp 280,5 triliun.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya RI, Nomor 2 Paling Melejit!


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading