Orang Terkaya Nomor 10 di Indonesia Beli Perusahaan Keramik

Market - Ayyi Hidayah, CNBC Indonesia
20 October 2022 12:43
Instagram @htanoko Foto: Instagram @htanoko

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang terkaya nomor 7 di Indonesia versi Forbes Billionaire Indeks mencaplok perusahaan keramik PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK).

Pemilik Grup Tancrop, Hermanto Tanoko,resmi mengakuisisi 50,22% saham emiten CAKK lewat PT Tancorp Bangun Indonesia. Aksi korporasi ini menjadikan perusahaan milik menjadi pengendali perseroan yang merupakan produsen keramik merek Kaisar.

Penandatangan transaksi jual beli sendiri dilakukan pada 19 Oktober 2022 oleh PT Tancorp Bangun Indonesia dan PT Marissi Idola Sumber Sejahtera, yang diwakili oleh Johan Silitonga dan Luciana Sutanto.

Di hari yang sama, pembelian dan pengambilalihan saham CAKK yang dilakukan melalui mekanisme perdagangan pada pasar negosiasi sudah diselesaikan. Adapun jumlah saham yang dibeli Tancorp sebanyak 662 juta lembar di harga Rp 299 per saham. Nilai itu setara 55,02% persen dari modal ditempatkan dan disetor CAKK.

Tancorp menggelontorkan dana senilai Rp 151,59 miliar. Dengan selesainya transaksi ini, Tancorp Bangun Indonesia resmi menjadi pengendali baru emiten keramik ini.

Direktur Tancorp Bangun Indonesia Belinda Natalia menjelaskan, akuisisi ini merupakan strategi untuk memperkuat dan pengembangan portofolio investasi di sektor industri bahan bangunan.

Dia bilang, pihaknya menimbang bahwa CAKK adalah perusahaan yang bergerak di sektor industri bahan bangunan dari keramik yang memiliki potensi untuk terus berkembang kedepannya.

"Dengan pengambilalihan tersebut, Tancorp Bangun Indonesia juga akan memberikan nilai tambahan kepada CAKK melalui rencana pengembangan usaha CAKK," jelas Belinda dalam keterbukan informasi, Kami (19/10).

Sehubungan dengan akuisisi ini, Tancorp Bangun Indonesia bakal melakukan tender offer atau penawaran tender wajib atas seluruh saham CAKK yang dimiliki pemegang saham publik. Ini mengacu pada POJK 9/2018.

Seperti diketahui, Hermanto Tanoko merupakan pendiri, salah satu perusahaan cat terbesar di Indonesia yakni PT Avia Avian Tbk (AVIA). Crazy rich asal Surabaya ini juga memimpin perusahaan holding Tancorp Abadi Nusantara atau Tancorp.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Sosok Crazy Rich Surabaya yang Bikin Saham CAKK Terbang


(ayh/ayh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading