Beli Emiten Keramik, Segini Kekayaan Hermanto Tanoko

Market - Ayyi Hidayah, CNBC Indonesia
20 October 2022 14:55
Foto: Dok Pribadi Hermanto Tanoko, detik.com Foto: Foto: Dok Pribadi Hermanto Tanoko, detik.com

Jakarta, CNBC Indonesia - Nama Hermanto Tanoko yang merupakan crazy rich asal Surabaya kembali ramai diperbincangkan setelah membeli perusahaan keramik PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK).

Kekayaannya yang mencapai US$ 3 miliar atau setara Rp 46,7 triliun, dan menempatkannya sebagai orang terkaya nomor 10 di Indonesia versi Forbes Billionaire Indeks per Oktober 2022 membuat orang penasaran akan gurita bisnisnya.

Dikenal sebagai pemilik perusahaan cat terbesar di Indonesia, Hermanto terus mengembangkan sayap bisnisnya di Indonesia. Beberapa waktu lalu dirinya sukses membawa dua perusahaannya mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun lalu.

Kedua perusahaan tersebut adalah Caturkarda Depo (DEPO) yang berhasil mengumpulkan Rp 493,57 miliar dana IPO setelah melepas 15,08% saham baru dan Avia Avian (AVIA) yang mampu mengumpulkan Rp 5,76 triliun setelah melepas 10,01% saham baru.

Kedua perusahaan yang dimiliki oleh Hermanto Tanoko tersebut merupakan bagian dari Tancorp Abadi Nusantara, di mana ia juga menjabat sebagai Group CEO.

Menurut situs resmi perusahaan, Tancorp Abadi Nusantara sendiri membawahi 8 subholding perusahaan mulai dari, industri, distribusi, properti, perhotelan, makanan & minuman, kesehatan & kecantikan, bisnis jaringan, serta kafe & restoran.

Grup bisnis tersebut menyebut bahwa mereka memiliki lebih dari 300 brand aktif yang dikelola oleh 38 business unit (BU) dengan jumlah karyawan yang mencapai lebih dari 11.000 tenaga kerja.

Tancorp Group sejatinya baru resmi berdiri menjadi holding pada tahun 2015, perjalanan awal perusahaan dimulai dari pengembangan Avia Avian yang sudah berdiri sejak tahun 1976. Sementara itu, Caturkarda Depo Bangunan membuka gerai pertamanya pada 1996 di Kalimalang, Jakarta Timur.

Selain DEPO dan AVIA, sebelumnya sudah terdapat dua anak usaha juga Tancorp tercatat telah melakukan IPO, yakni produsen air minum dalam kemasan merek Cleo, PT Sariguna Primatirta Tbk. (CLEO) dan pengembang properti Tanrise Properti, PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk. (RISE).

Sebelum masuk dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia, pada tahun 2020, Majalah Forbes mengestimasi kekayaan Hermanto Tanoko mencapai US$ 700 juta dan merupakan orang terkaya ke-39 di Indonesia.

Akan tetapi semenjak membawa dua perusahaannya melantai di bursa tahun lalu dan memiliki valuasi tinggi, kekayaannya ikut naik tajam. Saat ini harta yang dimiliki ditaksir mencapai US$ 3 miliar atau setara dengan Rp 43,05 triliun menggunakan asumsi kurs Rp 14.350/US$.

Sebelumnya diberitakan, perusahaan Hermanto Tanoko resmi mengakuisisi 50,22% saham emiten CAKK lewat PT Tancorp Bangun Indonesia. Aksi korporasi ini menjadikan perusahaan milik menjadi pengendali perseroan yang merupakan produsen keramik merek Kaisar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Sosok Crazy Rich Surabaya yang Bikin Saham CAKK Terbang


(ayh/ayh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading