Erick: Venture Capital BUMN Sudah Investasi di 336 Startup

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
26 September 2022 10:06
Menteri BUMN Erick Thohir Foto: youtube/Sekretariat Presiden

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan sejak awal BUMN sudah punya sejumlah venture capital. Ada Mandiri Capital, BRI Ventures, Telkom, dan Telkomsel.

"Dan terakhir BNI saya minta buat Venture Capital. Venture Capital di BUMN ini sudah berinvestasi ke 336 Startup dan memang kalau dilihat hari ini sudah banyak yang jadi soonicorn atau unicorn," ujarnya di depan Presiden Joko Widodo dalam Peresmian Pembukaan BUMN Startup Day Tahun 2022, Senin (26/9/2022).

Selain itu juga ada Merah Putih Fund yang waktu itu juga diresmikan oleh Presiden Jokowi. Dalam Merah Putih Fund, Erick melanjutkan, ketika Startup ini ke mana pengembangan yang valuasinya sudah cukup besar, biasanya BUMN tidak hadir.

"Karena itu lewat Merah Putih Fund kita masuk investasi di situ dengan catatan founder-nya orang Indonesia, perusahaan harus beroperasi di Indonesia dan bayar pajak di Indonesia, dan tentunya diprioritaskan untuk go public di Indonesia. Ini seiring dengan konsep IKN di mana IKN akan lebih friendly ke investasi fintech. Ini yang kita coba rajut," jelas Erick. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Erick Usul Anggaran Kementerian BUMN Rp 232 M, Buat Apa Saja?


(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading