Tok! Dari Perkebunan, Provident Sah Jadi Perusahaan Investasi

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
23 August 2022 21:01
Karyawan melintas di depam layar digital pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (5/7/2022). (CNBC Indonesia/ Tri Susilo) Foto: Layar digital pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten yang sebelumnya bergerak di bidang perkebunan, PT Provident Agro Tbk (PALM) resmi mengganti kegiatan usahanya menjadi perusahaan investasi. Hal itu dilakukan seiring dengan beralihnya kegiatan usaha, nama perusahaan turut berubah menjadi PT Provident Investasi Bersama Tbk (Provident Investasi).

Presiden Direktur PT Provident Agro Tbk Tri Boewono mengatakan, transformasi ini akan menjadi momentum untuk memulai langkah baru dan mengimplementasikan rencana investasi yang memberikan manfaat bagi para pemegang saham secara berkelanjutan.

Adapun perubahan kegiatan usaha dan perubahan nama perusahaan telah mendapatkan persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Perubahan kegiatan usaha sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 17/POJK.04/2020 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha.

"Dengan demikian PALM pun berganti nama menjadi PT Provident Investasi Bersama Tbk atau Provident Investasi," kata Tri Boewono dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (22/8/2022).

Tri melanjutkan, membaiknya perekonomian nasional membuka peluang dan potensi investasi yang menciptakan dampak positif bagi perusahaan secara jangka panjang. Dengan menjadi perusahaan investasi, untuk jangka pendek ini, PALM akan fokus berinvestasi terhadap perusahaan berstatus perusahaan terbuka atau terdaftar di bursa, namun tidak menutup kemungkinan untuk berinvestasi di perusahaan yang belum terdaftar di bursa atau non listed.

"PT Provident Investasi Bersama Tbk tidak membatasi investasi kepada salah satu sektor usaha, dan akan berinvestasi pada perusahaan yang potensial dengan pertumbuhan bisnis positif. PT Provident Investasi Bersama Tbk bersikap terbuka dengan segala peluang investasi di berbagai sektor ekonomi. Tentunya kami menerapkan prinsip kehati-hatian dalam setiap keputusan investasi," jelasnya.

Sementara, Direktur Keuangan PT Provident Agro Tbk Devin Antonio Ridwan menambahkan, dalam pemilihan perusahaan investasi, Perseroan mempertimbangkan berbagai aspek yang diantaranya meliputi tren terkini, peluang, dan potensi market kedepannya.

"Kami ingin menjaga dan melanjutkan catatan positif dalam melakukan investasi seperti yang telah dilakukan Perseroan pada PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA). Hal tersebut semakin memperkuat keyakinan bagi PALM untuk melakukan investasi di berbagai perusahaan lainnya yang berpotensi menciptakan keuntungan dan kekuatan fundamental Perseroan secara berkelanjutan," kata Devin.

Sebagai informasi, PT Provident Agro Tbk telah memiliki investasi dalam instrumen ekuitas di PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) sebanyak 1.347.254.738 lembar saham. Pembelian dilakukan oleh PT Suwarna Arta Mandiri (SAM), yang seluruh sahamnya dimiliki PALM secara langsung maupun tidak langsung dengan saldo pada tanggal per 12 Agustus 2022 adalah sebesar Rp 5,9 triliun atau 4.380 per lembar saham.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Panin Financial Tebar Dividen Rp 320 M, Cair Akhir Agustus


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading