Trio Sinar Mas: DSSA-SMMA-BSDE Investasi di DANA US$ 250 Juta

Market - vap, CNBC Indonesia
15 August 2022 11:17
Dana Dompet Digital Foto: Dana Dompet Digital

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten properti PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) menjadi entitas Grup Sinar Mas yang ketiga yang berinvestasi di dompet digital DANA. Sebelumnya, telah ada PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) dan PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA).

BSDE melalui entitas anak, PT Sinar Pertiwi Megah ("SPM") yang sahamnya dimiliki BSDE sebanyak 100%, telah melakukan penempatan modal sebesar US$ 25 juta atau sekitar Rp 367,2 miliar (asumsi kurs Rp 14.688/US$), di PT Elang Andalan Nusantara (EAN), perusahaan penyedia aplikasi dompet digital DANA.

Hermawan Wijaya, Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk menjelaskan, investasi strategis ini selain akan memberikan nilai lebih kepada stakeholder, khususnya pemegang saham di masa mendatang, juga akan memperkuat dan memberikan nilai tambah bagi ekosistem digital BSDE.


"Masuknya DANA dalam portofolio investasi jangka panjang Perseroan, akan meningkatkan dan saling mendukung pada aktivitas pemasaran, partner strategis dan mengembangkan pembayaran elektronik yang terintegrasi, aman dan terpercaya untuk pengalaman digital yang lebih baik," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (15/8/2022). 

Seperti diketahui, BSDE merupakan pengelola kota mandiri terbesar di Indonesia dan anggota kelompok usaha properti Sinar Mas Land, yang kini memperkuat investasi di ekosistem digital.

Hermawan menegaskan, investasi ini merupakan tonggak awal kerja sama strategis antara Perseroan selaku pengembang properti terkemuka dan DANA sebagai penyedia platform pembayaran digital dengan 115 juta pengguna di seluruh Indonesia.

"Selain akan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan juga memberikan pengalaman digital yang lebih baik bagi konsumen kami, sehingga akan memperkuat kinerja Perseroan di masa mendatang," pungkasnya. 

Sebelumnya, PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) melalui entitas anak tidak langsung, telah menyelesaikan transaksi investasi dalam dompet digital DANA senilai US$ 200 juta. 

Kemudian, PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) juga ikut berinvestasi di dompet digital DANA sejumlah sejumlah US$ 25 juta. Dan kini ditambah dengan PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) senilai US$ 25 juta. 

Hal ini sesuai dengan pernyataan CEO & Co-Founder DANA Indonesia Vince Iswara, bahwa nilai kesepakatan investasi Sinar Mas ke DANA mencapai US$ 250 juta. 

Dalam siaran persnya, DANA menargetkan pertumbuhan dua kali lipat dalam total volume pembayaran atau nilai transaksi bruto pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2021.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Laba BSD Sulit Tumbuh Tinggi di Q1-2022, Ini Penyebabnya


(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading