Elon Musk Jual Saham Tesla Rp 103 T, Lagi Butuh Uang?

Market - Putra, CNBC Indonesia
10 August 2022 12:17
Elon Musk (Getty Images for The Met Museum//Dimitrios Kambouris) Foto: Elon Musk (Getty Images for The Met Museum//Dimitrios Kambouris)

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang terkaya di dunia sekaligus CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk dilaporkan telah menjual 7,92 juta saham Tesla Inc senilai US$ 6,88 miliar atau setara dengan Rp 103,2 triliun dengan asumsi kurs Rp 15.000/US$.

Transaksi tersebut terjadi pada 5-9 Agustus 2022 setelah Tesla Inc menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Penjualan saham Tesla Inc oleh Elon Musk juga bertepatan dengan konflik antara bos Space X tersebut dengan Twitter terkait rencana aksi korporasi berupa akuisisi.


Masih ingat tentunya bahwa Elon Musk berencana untuk mengakuisisi Twitter di harga US$ 54,2 per saham dengan nilai mencapai US$ 44 miliar pada bulan April lalu.

Namun pada 8 Juli 2022, Elon Musk mengatakan secara sepihak bahwa dirinya menghentikan rencananya untuk mengakuisisi Twitter karena perusahaan tersebut dinilai gagal memberikan data terkait jumlah bots, spam dan fake account.

Merespons hal tersebut, Twitter pun menuntut Elon Musk untuk tetap melanjutkan perjanjian pembelian saham platform media sosial tersebut pada harga yang sudah ditentukan.

Terkait dengan aksi penjualan saham Tesla Inc, Elon Musk pun mengkonfirmasi aksi tersebut dan menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan jika Twitter memaksa untuk melanjutkan kesepakatan tetapi beberapa mitra investor tidak ikut berpartisipasi mendanai pembelian saham Twitter.

Hanya saja Musk tidak memberikan keterangan lebih lanjut pihak mitra investor mana yang kemungkinan bisa mundur dan menarik diri dari kesepakatan untuk pembelian saham Twitter.

Menariknya, Musk juga mengatakan kalau dirinya bersiap untuk membeli kembali (buyback) saham Tesla Inc jika akuisisi Twitter tidak berlanjut.

Apabila akuisisi Twitter juga tidak dilanjutkan, Elon Musk menambahkan bahwa dirinya memiliki rencana untuk membuat platform media sosialnya sendiri yang dinamai X.com.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Elon Musk Tuduh Bill Gates Lakukan Short Sell Saham Tesla


(trp/trp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading