Kasus Korupsi Terbesar RI, Total & Sumber Harta Surya Darmadi

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
04 August 2022 09:15
Cerita Lengkap “Dugaan” Korupsi KRAS

Saat ini Surya Darmadi diketahui masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), seperti diungkapkan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Karena masih tidak diketahui keberadaannya saat ini, KPK berkoordinasi dengan Biro Penyelidikan Praktik Korupsi (Corrupt Practices Investigation Bureau/CPIB) Singapura untuk memastikan apakah Surya Darmadi berada di negara tersebut.

Melansir CNN Indonesia, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengaku belum mengetahui status kewarganegaraan Surya saat ini, apakah masih berstatus WNI atau tidak.

Akan tetapi, jikakun telah berganti kewarganegaraan menjadi warga Singapura, perjanjian ekstradisi antara RI dan Singapura yang baru ditandatangani awal tahun memmungkinkan upaya pemulangan buron tersebut.

Perjanjian ekstradisi ini merupakan langkah pemerintah untuk dapat membantu pihak berwenang dalam upaya mereka untuk mengadili orang-orang yang dituduh menyembunyikan miliaran dolar uang negara di luar negeri.

Isu ekstradisi telah lama membuat pemerintah frustasi karena sulitnya membawa beberapa buronan yang dituduh menggelapkan uang dalam jumlah besar selama krisis keuangan Asia (BLBI) ke pengadilan.

Berdasarkan perjanjian ekstradisi tersebut, individu yang melakukan 31 jenis kejahatan akan dapat diekstradisi dan itu akan berlaku untuk pelanggaran yang dilakukan hingga 18 tahun yang lalu. Perjanjian itu juga menyebut bahwa tersangka tidak akan dapat melarikan diri dari proses peradilan dengan mengubah kewarganegaraan mereka.


[Gambas:Video CNBC]

(RCI/dhf)
HALAMAN :
1 2 3
Artikel Selanjutnya

Tersangka Korupsi Terbesar Surya Darmadi Dicekal Imigrasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading