Dua Minggu IPO Terbang 32.000%, Perusahaan Ini Kalahkan BBCA

Market - Putra, CNBC Indonesia
04 August 2022 08:35
metaverse meta majelis Foto: dok Chikara

Jakarta, CNBC Indonesia - AMTD Digital merupakan perusahaan teknologi pengembang Metaverse yang sangat fenomenal dan menjadi perhatian pelaku pasar baru-baru ini. Harga saham AMTD Digital meroket belasan ribu persen hanya dalam kurun waktu kurang dari dua pekan.

Asal tahu saja AMTD Digital baru saja menggelar aksi korporasi berupa IPO pada pertengahan bulan Juli lalu. Perusahaan teknologi yang berbasis di Hong Kong tersebut berhasil meraup pendanaan dari IPO sebesar US$ 124,8 juta dengan melepas 16 juta saham di harga US$ 7,8/unit dan listing di Bursa New York (NYSE).

Menariknya di hari pertama listing tepatnya pada 15 Juli 2022, harga saham AMTD Digital langsung naik 2x dan ditutup di US$ 16,21/unit. Kinerja impresif saham AMTD Digital tidak berhenti di situ saja. Baru dua minggu resmi diperdagangkan, harga saham AMTD Digital telah melesat 17.829% hingga artikel ini ditulis atau setara dengan US$ 1.399.


Harga saham AMTD Digital mencapai posisi penutupan tertingginya pada perdagangan Selasa (2/8/2022). Kala itu harga saham AMTD Digital ditutup di US$ 1.679/unit.

Artinya sejak IPO sampai mencapai harga penutupan tertinggi hanya butuh 13 hari perdagangan saja dan imbal hasilnya dari capital gain mencapai 21.426%.

Tercatat saat harga sahamnya mencapai posisi penutupan tertinggi pada Selasa (2/8/2022), nilai kapitalisasi pasar AMTD Digital mencapai US$ 310,7 miliar atau setara dengan Rp 4.660 triliun.

Dengan valuasi sebesar itu, market cap AMTD Digital bahkan setara dengan lebih dari 4x nilai kapitalisasi pasar saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang menjadi perusahaan dengan market cap terbesar di Indonesia.

Tak hanya BBCA, bahkan di level tertinggi sepanjang masanya di harga US$ 2.555/unit atau kenaikan 32.756% dari harga IPO, kapitalisasi pasar AMTD menyentuh angka US$ 450 miliar, lebih tinggi dibandingkan dengan induk Facebook yakni META yang memiliki kapitalisasi pasar US$ 449 miliar.

Sebagai informasi, AMTD Digital memiliki empat segmen usaha yaitu konten dan marketing, jasa keuangan digital, investasi digital dan SpiderNet Ecosystem Solution yang merupakan platform Metaverse milik perusahaan yang baru diluncurkan pada Februari 2022 lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

IHSG Belum Jenuh Beli, Masih Bisa Menghijau di Sesi Kedua


(trp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading