Ketika Memori Jokowi Kecil Tertinggal di Sarinah

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
14 July 2022 18:41
Suasana Sarinah di hari pertama kebijakan pemerintah melonggarkan penggunaan masker di ruang terbuka, Rabu (18/5/2022). (CNBC Indonesia/Intan Rakhmayanti Dewi) Foto: Suasana Sarinah di hari pertama kebijakan pemerintah melonggarkan penggunaan masker di ruang terbuka, Rabu (18/5/2022). (CNBC Indonesia/Intan Rakhmayanti Dewi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka gedung baru pusat perbelanjaan Sarinah dengan wajah baru yang lebih kekinian. Menurutnya, Sarinah merupakan sebuah ikon penting Bangsa Indonesia sekaligus rekam jejak sejarah dan kenangan dari generasi ke generasi.

"Alhamdulilah hari ini bisa kita saksikan bersama wajah baru Sarinah. Sebuah ikon penting bangsa kita yg merekatkan ingatan kita dari generasi ke generasi," ujarnya di gedung Sarinah Thamrin, Kamis (14/7/2022).

Jokowi mengaku, kehadirannya di Sarinah mengingatkan masa kecilnya sewaktu Ia diajak berkunjung oleh kakeknya ke tempat ini. Pada tahun 1970-an, Sarinah menjadi satu-satunya tempat perbelanjaan yang memiliki eskalator.

"Saya ingat tahun 70 an diajak kakek saya datang ke Sarinah ini. Tahun 73-74. Saat itu yang ada eskalatornya memang di Sarinah. Saya ingat betul naik turun senang sekali. Ini hal-hal yang meninggalkan memori yang mengesankan kita semua," tuturnya.

Jokowi menyebut, setiap masyarakat yang datang ke Jakarta, mayoritas menyempatkan berkunjung ke Sarinah. Sebab, gedung ini memiliki sejarah yang luar biasa karena digagas oleh Presiden pertama Indonesia, yaitu Ir. Soekarno.

"Orang dari daerah ke jakarta pasti datang ke Sarinah. Memiliki sejarah kuar biasa digagas Presiden Ir. Soekarno," ungkapnya.

Jokowi menambahkan, tujuan Ir. Soekarno membangun Sarinah untuk kegiatan transkasi jual-beli produk-produk lokal. Sehingga, sudah sepatutnya tujuan tersebut dilanjutkan saat ini.

"Misi isi besar yang sangat mulia untuk kegiatan barang-barang lokal, produk-produk dalam negeri kita. Ini yg akan kita teruskan. Saya senang produk yg dipamerkan dengan penataan yang detail sekali. Saya kira ini yang harus kita hargai," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Erick Thohir & Megawati Janjian di Sarinah, Bahas Apa Nih?


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading