Mal Belum Mati, 2 Mal Baru Nongol Sebentar Lagi di Jakarta

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
17 June 2022 15:40
ruang ritel

Jakarta, CNBC Indonesia - Bisnis mal belum mati di DKI Jakarta. Sampai tahun 2023 mendatang masih ada dua pusat perbelanjaan yang akan beroperasi lagi di Jakarta. Mal baru ini muncul di tengah tekanan bisnis mal yang sangat keras karena efek pandemi.

Mengutip laporan Colliers Indonesia, tahun 2022 Mal Lippo East Side di Cempaka Putih Jakarta Pusat akan diproyeksikan selesai seluas 44 ribu meter persegi.

Berlanjut pada 2023 menara Jakarta Shopping Mall di Jakarta Pusat yang dibangun oleh Agung Sedayu Permai juga akan selesai pembangunannya dengan luas 90.360 meter persegi.


Lantas bagaimana prospek okupansi mal di 2022?

Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah, menjelaskan saat ini keterisian tenant di mal sudah mulai membaik. Dimana sudah banyak penyewa tenant baru yang mengisi ruang mal.

"Contohnya seperti Sarinah, itu baru buka dan Grand Launching-nya saja belum tapi keterisiannya sudah sangat baik kan," jelasnya kepada CNBC Indonesia, Jumat (17/6/2022).

Dia memprediksikan selama pandemi covid - 19 terkontrol, dan tidak ada larangan pembatasan mobilitas tentu tahun ini jadi momentum pemilik tenant untuk melakukan ekspansi mengisi ruang mal baru atau eksisting.

Selain itu dari tingkat kunjungan mal juga terlihat sudah sangat baik saat ini, yang terlihat pada akhir pekan. Sehingga tenant juga percaya diri untuk kembali berinvestasi.

"tingkat kedatangan juga baik, sehingga investasi yang saat ini menarik adalah restoran atau F&B, Asalkan lokasi bagus dan ada F&B banyak seharusnya akan terisi penuh," katanya.

Menyinggung soal mal baru di Jakarta, Budiharjo juga tidak khawatir mal baru akan kosong. Pasalnya sebelum mal itu terbangun juga sudah banyak dipasarkan kepada penyewa tenan. Sehingga setidaknya ketika mal beroperasi sudah terisi sekitar 50% kapasitas ruang yang disediakan.

"Jadi sudah ada tim leasing yang sudah cari penyewa tenant. bahkan sebelum mal itu dibangun dan sudah dibuat komitmen. jadi ketika mal beroperasi tidak kosong," jelasnya.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Angin Segar! Pengusaha di Mal Siap-Siap Bangkit dari 'Kubur'


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading