Begini Cara BRI Kuatkan UMKM Hingga Kebal Kenaikan Suku Bunga

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
07 July 2022 10:30
Direktur Utama BRI Sunarso (Dok. BRI) Foto: Direktur Utama BRI Sunarso (Dok. BRI)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) membeberkan strategi dalam menjaga kesehatan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah kondisi saat ini yang penuh tantangan. Perusahaan akan mengeluarkan kebijakan yang berhubungan langsung dengan para nasabah, dalam hal ini pelaku usaha UMKM.

Direktur Utama BRI Sunarso menyebut, strategi business follows stimulus menjadi andalan. Ia menjelaskan, dalam hal ini kinerja bisnis akan mengikuti stimulus yang ada. Sebab, dalam kondisi apapun BRI selaku perbankan yang fokus pada pembiayaan mikro harus tetap menjadi motor pertumbuhan.

"Meski dalam kondisi apapun, BRI harus tetap menjadi motor pertumbuhan. Karena kita berurusan pada UMKM, maka kemudian kita keluar strategi business follows stimulus itu. Jadi kita tumbuh bisnis mengikuti stimulus. Supaya tumbuh efektif kita siapkan syarat supaya stimulus ini efektif," ujarnya, Kamis (7/7/2022).

Sunarso menaparkan, dalam memperkuat UMKM dari segala kondisi apapun, pemerintah melalui APBN perlu ikut intervensi dalam hal memberikan stimulus kredit. "Harus ada duitnya, makanya kita pastikan APBN akan turun tangan memberikan stimulus ini," ucapnya.

Selanjutnya, perbankan akan menyiapkan data-data nasabah yang berhak mendapatkan stimulus kredit tersebut. "Kita siapkan data-datanya siapa yang berhak mendapatkan stimulus ini," katanya.

Sebagai langkah lanjutan, BRI juga akan menyiapkan sistem yang kredibel dan reliabel untuk menyalurkan stimulus ini agar tepat sasaran. Terakhir, perseroan akan mengkomunikasikan kepada masyarakat melalui petugas-petugas unit dan mantri-mantri BRI yang ada di lapangan. "Di desa-desa di kecamatan di unit-unit untuk menjelaskan bahwa ini ada stimulus dari pemerintah," imbuh Sunarso.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jadi 'Dewa Penolong', BRI Incar Porsi Kredit UMKM 85% di 2024


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading