Ini Daftar Taipan yang Tajir Dari Bisnis Properti

Market - Tim Riset, CNBC Indonesia
29 June 2022 17:35
Pendiri Lippo Group Mochtar Riady dalam acara Jakarta CMO Club dengan topik

Jakarta, CNBC Indonesia - Bisnis properti dan real estat merupakan salah satu sektor penting utama dalam perekonomian. Perputaran uang di sektor ini juga memiliki volume tinggi akibat permintaan besar baik dari calon pembeli rumah atau penyewa gedung. Sehingga wajar saja, sejumlah warga Indonesia dapat menjadi taipan ketika terjun dan berbisnis di sektor ini.

Dalam daftar 50 orang terkaya RI tahun 2021 yang dipublikasikan Forbes, setidaknya terdapat delapan nama yang terjun di sektor ini, baik itu nyaris secara eksklusif bergerak di sektor properti atau terdiversifikasi tetapi dengan eksposur yang cukup signifikan.

Berikut adalah sejumlah daftar orang terkaya RI dari sektor properti.


Keluarga Widjaja

Pemilik Grup Sinarmas merupakan keluarga terkaya nomor dua di Indonesia tahun lalu, hanya kalah dari Hartono Bersaudara.

Bisnis Grup Sinarmas memang cukup terdiversifikasi dari mulai sektor keuangan, pertambangan, dan tentu saja properti. Sejumlah emiten milik Grup Sinarmas yang bergerak di sektor properti termasuk Duta Pertiwi (DUTI), Puradelta Lestari (DMAS) dan Bumi Serpong Damai (BSDE).

Tahun 2021 lalu, keluarga Widjaja diestimasi memiliki kekayaan US$ 9,7 miliar atau setara dengan Rp 140,65 triliun (asumsi kurs Rp 14.500/US$).

Keluarga Riady

Pemilik Grup Lippo ini juga merupakan salah satu konglomerat bisnis terbesar di Indonesia. Dengan bisnis yang terdiversifikasi, keluarga Riady ikut terjun ke industri properti. Sejumlah emiten properti yang dimiliki perusahaan termasuk Lippo Karawaci (LPKR) dan Lippo Cikarang (LPCK).

Tahun 2021 lalu, keluarga Riady diestimasi memiliki kekayaan US$ 1,85 miliar atau setara dengan Rp 40,6 triliun.

Keluarga Tahir

Tahir merupakan pendiri Grup Mayapada dengan bisnis terdiversifikasi dari keuangan, kesehatan hingga properti. Di sektor properti keluarga Tahir mengendalikan Maha Properti Indonesia (MPRO).

Tahun 2021 lalu, keluarga Tahir diestimasi memiliki kekayaan US$ 1,85 miliar atau setara dengan Rp 26,83 triliun.

Keluarga Ciputra

Keluarga Ciputra memiliki bisnis properti dengan kendaraan utama Ciputra Development (CITRA). Perusahaan ini didirikan oleh tokoh senior properti, Dr (HC) Ir. Ciputra yang telah meninggal dunia tahun 2019 lalu dan kini dilanjutkan oleh keluarga.

Didirikan lebih dari 40 tahun lalu, CITRA telah menyelesaikan berbagai proyek properti di seluruh Indonesia. Bahkan perusahaan juga memiliki proyek di luar negeri, termasuk Vietnam dan China.

Tahun 2021 lalu, keluarga Ciputra diestimasi memiliki kekayaan US$ 1,65 miliar atau setara dengan Rp 23,93 triliun.

Alex Tedja hingga Osbert Lyman
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading