Anak Erick Thohir Jadi Komisaris, Saham Duo ABBA-MARI Melesat

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
29 June 2022 08:20
Mahaka Media

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham dua perusahaan milik Erick Thohir, yaitu PT Mahaka Media Tbk (ABBA) dan PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) melesat pada perdagangan saham kemarin.

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), harga saham ABBA sempat melesat 20,00% ke Rp 228 per saham dengan nilai transaksi Rp 36,3 miliar dan volume 164,7 juta saham pada perdagangan siang kemarin.

Saham ABBA juga menduduki peringkat kedua top gainers pada penutupan sesi I. Saham ABBA masih tinggi hingga penutupan perdagangan melonjak 18,95% atau 36 poin ke level Rp 226 per saham.


Sementara saham emiten radio dan podcast platform MARI juga ikut naik 11,56%, menempati posisi keempat top gainers dengan transaksi saham MARI mencapai Rp 31,7 miliar dan volume 164,2 juta saham pada perdagangan siang kemarin. Namun pada penutupan perdagangan, saham MARI naik 5,78% atau 10 poin ke level Rp 183 per saham.

Mengutip CNN Indonesia, PT Mahaka Media Tbk (ABBA) mengangkat Mahendra Agakhan yang merupakan anak Menteri BUMN Erick Thohir sebagai komisaris utama. Selain itu, PT Mahaka Media Tbk berubah nama dan struktur organisasi menjadi Mahaka X, perusahaan media berbasis teknologi.

Pada susunan tersebut, jabatan komisaris utama diduduki oleh Mahendra Agakhan yang merupakan putra Erick. Lalu Rudy Setia Laksmana dan Martin Suharlie menduduki jabatan komisaris. Sedangkan komisaris independen diisi oleh Aldi Rambie dan Harry Danui.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tersebut, perusahaan juga mengangkat Farash Farich sebagai Direktur Utama yang memiliki pengalaman luas di bidang pasar modal dan keuangan.

Perusahaan juga mengangkat Vincentius Dicky Haryanto sebagai Direktur yang sebelumnya bekerja di Google Indonesia sebagai Industry Manager (e-Commerce) & Strategic Partnership Development Manager.

Selain itu, perusahaan juga menunjuk Aliya Tjakraamidjaja sebagai Chief Operating Officer. Aliya merupakan Co-Founder/COO di Tinkerlust dan Co-Founder/Sales and External Partnership Director di Stellar Women.

Disebutkan, Mahaka X akan berfokus pada dua program utama. Pertama, meluncurkan inisiatif teknologi baru untuk unit bisnis yang sudah ada, yakni memperkuat brand Republika dan menawarkan solusi baru bagi komunitas Muslim dengan meluncurkan inovasi platform muslim, Inaya. Selanjutnya, perusahaan juga akan berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekosistem ekonomi kreator Indonesia.

Sementara PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) juga berfokus untuk mengembangkan bisnisnya dengan menargetkan pendapatan 7-8% tahun ini.

Presiden Direktur Mahaka Radio Integra, Adrian Syarkawi menjelaskan, pihaknya saat ini sedang berfokus pada pengembangan model bisnis langsung ke pelanggan atau bussiness to consumer (B2C).

Adrian menyebut, saat ini MARI bukan lagi menjadi holdings radio melainkan holdings audio. Adapun pengembangan bisnis yang akan dilakukan yaitu mengembangkan konten-konten digital.

Sebagai informasi, unit usaha grup MARI juga merangkul komunitas yang disebut sebagai Anak Radio melalui tujuh stasiun radionya yaitu JAK FM, GEN FM Jakarta, GEN FM Surabaya, HOT FM, KIS FM, MUSTANG FM dan MOST Radio.


[Gambas:Video CNBC]

(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
Features
    spinner loading