Terungkap, Alasan SCMA Investasi di Perusahaan Raffi Ahmad

Market - Tim Riset, CNBC Indonesia
25 June 2022 10:40
Raffi Ahmad (CNBC Indonesia/Linda Hasibuan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten pengelola stasiun televisi swasta Tanah Air, Surya Media Citra (SCMA) mempertegas kerja sama dengan perusahaan rintisan Raffi Ahmad dan Nagita SLavina. Perusahaan itu tak lain adalah, RANS Entertainment.

SCMA menyebut bahwa Investasi yang dilakukan oleh perusahaan dapat memungkinkan sinergi antara RANS dan SCM secara optimal. Hal ini terungkap Dalam materi paparan publik yang terbit di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Sebelumnya, awal Desember tahun lalu emiten yang tergabung dalam Grup Emtek tersebut diketahui menyuntik modal hingga Rp 248 miliar secara bertahap untuk kepemilikan saham berkisar 17% pada RANS Entertainment. Artinya pasca penerbitan saham baru tersebut, valuasi RANS ditaksir mencapai Rp 1,46 triliun.


Dalam paparannya SCMA menyebut RANS memiliki sejumlah perusahaan yang bergerak di lintas sektor termasuk grup media, ritel, FMCG, grup olahraga dan grup wisata. SCMA juga menyebut terdapat 122 juta followers di seluruh ekosistem RANS, setara dengan 40% populasi Indonesia.

Klaim tersebut memang benar jika total pengikut dan pelanggan RANS di media sosial digabung tanpa pembobotan tertentu. Namun, sebagai catatan, SCMA tidak menyebutkan metode lain yang digunakan untuk melegitimasi pernyataan 40% populasi Indonesia. Sehingga, belum diketahui jumlah pengikut tersebut sepenuhnya manusia atau ada yang hanya sekadar akun fiktif (bot) yang jumlahnya juga tidak sedikit. 

Belum lagi adanya tumpang tindih pengikut antar platform, satu individu bisa memiliki banyak media sosial. Individu ini kemudian turut menjadi follower media sosial Raffi Cs dan seterusnya.

Masuknya SCMA ke RANS merupakan langkah natural bagi perusahaan yang kian agresif menapaki bisnis digital, termasuk sosial media.

Dalam paparan publik yang sama perusahaan menyebut bahwa "[SCMA] berupaya menciptakan ekosistem secara menyeluruh dengan bisnis talent management, influencer business, dan events IP."

Selain RANS, SCMA juga bekerja sama dengan perusahaan lain yang bergerak di industri digital dan sosial media, termasuk di dalamnya adalah PT. Digital Rantai Maya (dr.m), 1ID Entertainment serta talent management Famous Allstars (FAS).

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Raffi Ahmad Buka-bukaan Investor di Balik RANS, Siapa Saja?


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading