IPO Cerestar Tawarkan Saham Rp 200 - Rp 210 Per Saham

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
20 June 2022 08:25
Ilustrasi Bursa, Pergerakan Layar IHSG di Gedung BEI Bursa Efek Indonesia  (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan produsen tepung PT Cerestar Indonesia Tbk (TRGU) berencana mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui pencatatan saham perdana (Initial Public Offering/IPO). Perusahaan bakal melepas 18,87% atau setara 1,5 miliar saham dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Mengutip prospektus perusahaan, saham yang ditawarkan oleh Cerestar direntang harga Rp 200 hingga Rp 210 per saham. Sehingga, perusahaan akan mendapatkan dana segar dari IPO hingga mencapai Rp 315 miliar.

Nantinya, dana IPO tersebut sebesar 46,67% untuk setoran modal kepada anak usahanya, PT Harvestar Flour Mills (HFM). HFM akan membangun pabrik dan fasilitas penunjang serta pembelian mesin dengan kapasitas 600 metrik ton per hari.


Selanjutnya, sekitar 20% dana IPO akan digunakan untuk setoran modal yang akan digunakan untuk membeli tanah di Kawasan Industri Gresik dalam pembangunan fasilitas pergudangan.

Sementara sisanya, sekitar 33,33% akan digunakan untuk modal kepada PT Agristar Grain Industry dalam pengembangan bisnis, yaitu belanja modal untuk pembangunan fasilitas pergudangan (warehouse) dan packing facility di daerah Cilegon.

Masa penawaran awal (bookbuilding) berlangsung mulai 17 Juni hingga 23 Juni 2022. Masa penawaran umum dijadwalkan pada 1 hingga 5 Juli 2022. Dan pencatatan saham (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 7 Juli 2022.

Dalam memuluskan IPO ini, Cerestar menunjuk PT Semesta Indovest Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Sebagai informasi, Cerestar merupakan perusahaan induk yang membawahi anak usaha di bidang produksi tepung olahan gandum seperti tepung terigu untuk konsumsi (food & bakery ingredients) hingga bahan baku pakan ternak (feed ingredients).

Adapun volume produksi untuk hasil olahan gandum perseroan dan anak usaha tepung terigu untuk konsumsi manusia dan hewan sebesar 78% adalah, sisanya (by product) sebesar 22% menghasilkan bran & pollard yang dapat digunakan sebagai bahan baku pakan ternak.

Cerestar sudah memiliki 5 merek produk tepung terigu, yaitu Falcon, Seagull, Dragonfly, Bakerstar dan Starfish. TRGU juga memiliki 2 lini produksi dengan kapasitas 500 ton per hari dan 1 lini produksi dengan kapasitas 600 ton per hari, dengan total kapasitas mencapai 1.600 ton per hari.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Aset Besar Tapi Harga Nominal Saham Rp 1, Langgar Aturan Gak?


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading