Chaos! Rp 29.476 Triliun Lenyap dari Pasar Kripto Dunia

Market - Tim Riset, CNBC Indonesia
14 June 2022 10:47
Resmi!  Aset Bicoin Cs jadi Incaran Pajak, Begini tarif dan hitungannya Foto: Infografis/ Resmi! Aset Bicoin Cs jadi Incaran Pajak, Begini tarif dan hitungannya /Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Bitcoin jatuh ke level terendah dalam sekitar 18 bulan setelah pembekuan penarikan oleh platform pinjaman Celsius menambah kekhawatiran bahwa risiko sistemik dalam ekosistem kripto akan mempercepat kehancuran di pasar aset digital.

Token digital terbesar di dunia tersebut jatuh 17% menjadi US$ 22.603 atau setara dengan Rp 327,74 juta (asumsi kurs Rp 14.500/US$) -- terendah sejak Desember 2020. Koin kripto lainnya juga menurun karena aksi jual yang lebih luas terus berlanjut. MVIS CryptoCompare Digital Assets 100 Index, yang mengukur 100 token teratas, turun sebanyak 17%.

Secara keseluruhan, total kapitalisasi pasar kripto yang mencapai US$ 3 triliun pada bulan November, kini turun di bawah $1 triliun selama jam perdagangan Wall Street pada hari Senin atau hilang US$ 2 triliun menurut CoinGecko. Jika dirupiahkan setara RpĀ 29.476 triliun.


"Dasar-dasar untuk mendukung stabilisasi dan pemulihan tidak ada di sana," kata Steven McClurg, salah satu pendiri dan CIO di manajer dana crypto Valkyrie Investments, dilansir Bloomberg. "Segalanya bisa dan kemungkinan akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi membaik."

Saham perusahaan yang menganut crypto juga jatuh. MicroStrategy Inc., perusahaan perangkat lunak yang melakukan pembelian Bitcoin sebagai bagian dari strategi perusahaannya, turun 25%. Block Inc. milik Jack Dorsey turun 13%. Penambang Bitcoin Marathon Digital Holdings Inc. dan Riot Blockchain Inc. masing-masing merosot 12% dan 10%.

Binance, platform perdagangan crypto terbesar, untuk sementara sempat menangguhkan penarikan jaringan Bitcoin karena masalah pemrosesan transaksi. Penarikan kemudian dilanjutkan kembali.

Aksi jual terjadi karena para pedagang semakin yakin akan langkah pengetatan moneter yang lebih agresif oleh The Fed setelah data inflasi AS melonjak ke level tertinggi baru 40 tahun di bulan Mei. Aset kripto, yang telah berjuang di tengah kebijakan Fed dalam beberapa bulan terakhir, telah terpukul dalam. Runtuhnya ekosistem Terra/Luna bulan lalu, dan pemberi pinjaman Celsius menghentikan penarikan pada Senin pagi waktu Asia, semakin mengikis kepercayaan pada aset digital tersebut.

Pedagang berspekulasi bahwa Celsius dapat menghadapi risiko lebih lanjut jika aksi jual pasar yang lebih luas semakin dalam. Pinjaman senilai lebih dari US$ 278 juta, salah satu pinjaman tunggal terbesar pada platform pinjaman terdesentralisasi MakerDAO, diberi label sebagai pinjaman yang dibuat oleh Celsius, menurut pelacak data Block Analitica. Jika Bitcoin turun di bawah US$ 22.534,89, posisinya akan dilikuidasi, menambah lebih banyak tekanan jual untuk Bitcoin, kata perusahaan analitik tersebut.

Dilaporkan Bloomberg, data menunjukkan bahwa alamat tersebut menggunakan 17.919 wrapped Bitcoin , versi Bitcoin yang dapat digunakan dalam keuangan terdesentralisasi, sebagai jaminan untuk pinjaman senilai US$ 278.490.419 di stablecoin DAI yang terdesentralisasi.

Sementara Etherescan tidak memberi label dompet sebagai Celsius, dompet dari Celsius mengirim tambahan 2.000 wrapped Bitcoin untuk mendukung posisi tersebut. Celsius tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Saat ini, melansir coinmarketcap.com harga Bitcoin kembali longsor dan berada di posisi US$ 21.867 pada pukul 10.30 WIB.

Ether turun sebanyak 21% ke level terendah sejak Januari 2021. Avalanche turun sebanyak 20%, Solana hingga 19% dan Dogecoin sebanyak 21%.

Mike Novogratz, pendiri dan chief executive officer Galaxy Digital Holdings Ltd., mengatakan bahwa cryptocurrency lebih dekat ke "bottom" daripada pasar ekuitas AS. Bitcoin turun sekitar 67%, sementara Ether merosot 74%, sejak mencapai rekor tertinggi pada awal November. S&P 500 turun sekitar 21% tahun ini.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Hantu Inflasi AS & Perang Ukraina, Bitcoin cs Loyo Lagi


(fsd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading