Bos Binance Disebut Bodoh oleh Ibunya, Kenapa?

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
02 June 2022 16:25
Changpeng Zhao, CEO dan Pendiri bursa kripto Binance  AP/

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak orang tahu kalau Steve Jobs memulai Apple di garasi rumah keluarganya. Sementara itu, pendiri sekaligus CEO Binance, Changpeng "CZ" Zhao juga menumpang di rumah orang tuanya usai dirinya menjual rumahnya senilai US$ 1 juta dan menginvestasikan segalanya di Bitcoin.

Tidak berhenti di situ, karena keyakinan yang besar pada Bitcoin, CZ juga berheti kerja sehingga teman-temannya menggangap CZ gila. Namun yang paling parah adalah saat dua bulan kemudian usai berinvestasi di Bitcoin, harga Bitcoin jatuh hingga 70% dan CZ kehilangan dana mencapai US$ 700 ribu.

"Jadi ibuku seperti, kamu anak bodoh dan mengapa kamu melakukan hal itu padahal kamu sudah punya pekerjaan yang baik di perusahaan," kenang dia, dikutip Nas Daily, Kamis (2/6/2022).


Sementara itu, CZ tetap beranggapan kalau dia harus bertahan karena ini adalah peluang besar dan hanya akan diambil oleh sebagian kecil orang.

"Aku tidak akan melewatkan hal ini karena akan besar dan ini kesempatan seumur hidup," kata CZ.

Semenjak itu CZ berhenti main poker dan juga meninggalkan teman-teman, serta semua hobinya. Dia menghabiskan waktu dari jam 9 pagi hingga larut malam, tujuh hari seminggu selama lima tahun untuk mengerjakan Teknologi Blockchain. Akhirnya dia memulai Binance, tempat orang bisa membeli dan menjual kripto satu sama lain.

Tanpa diduga, dalam lima tahun Binance menjadi Bursa Kripto terbesar dengan 100 juta pengguna. Padahal, saat mendirikan Binance, dia hanya berkata kepada timnya kalau targetnya hanya menjadi 10 besar bursa dalam tiga tahun. Tapi tidak sampai tiga bulan Binance selalu menjadi yang urutan pertama.

Binance yang menjadi sangat besar membuat CZ menjadi orang terkaya dalam dunia kripto dengan nilai lebih dari US$ 60 miliar dalam lima tahun.

Meski begitu, kehidupan CZ tetap sederhana, dirinya bahkan tidak punya barang mewah dan juga mobil. Menurutnya, uang bukanlah segalanya.

"Kurasa uang bukan segalanya, saya bukan fokus pada hal itu, saya fokus pada produk-produk yang digunakan orang dan bagaimana cara mengefisiensikan dan berdampak pada seluruh dunia," pungkas CZ.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Geger Rontoknya Terra, Kripto Berguguran Pekan Ini


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading