'Miskin Lagi' Karena Luna, Bos Binance Biasa Hidup Susah

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
02 June 2022 15:10
Changpeng Zhao, CEO dan Pendiri bursa kripto Binance  AP/

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri sekaligus CEO Binance, Changpeng "CZ" Zhao, dinobatkan menjadi salah satu individu terkaya dunia. Kepala perusahaan pertukaran mata uang kripto itu disebutkan memiliki harta kekayaan sebesar USD 96 miliar atau setara Rp 1.370 triliun.

Saat crash kripto Luna beberapa waktu lalu, ia sempat menghebohkan dunia jagat maya karena menyebut kalimat 'miskin lagi'. Namun, rupanya CZ memang sudah terbiasa hidup sederhana.

CZ tidak suka dan bahkan tidak memiliki barang mewah, termasuk mobil. Pasalnya, kekayaan yang dimiliki justru digunakan untuk amal.


CZ memulai Binance dari meja poker dan keyakinan. Saat ibunya dan teman-temannya beranggapa kalau apa yang dia lakukan gila, CZ terus percaya dan berusaha.

"Saat kamu tahu kamu benar, siapkan stamina untuk bertahan, hingga orang lain menyadarinya," tegas CZ dalam wawancaranya bersama Nas Daily dikutip Kamis (2/6/2022).

CZ pertama kali mendengat Bitcoin dari rekannya saat bermain poker.

"Saat saya mendengarnya saya tidak tahu apa itu, namun terdengar sangat bagus. Bit.. Coin. Itu penamaan yang sangat bagus dan dua orang temanku berkata itu uang untuk internet, sehingga aku merasa itu sangat menarik,". ungkap CZ

Dari ketertarikannya, CZ mulai mencari tahu dan mengunduh White Paper Bitcoin. Dia mencetaknya dan membacanya satu persatu.

"White Paper ini hanya sepanjang sembilan halaman namun ini adalah masa depan keuangan," jelas CZ.

Beberapa bulan kemudian CZ yakin kalau mata uang kripto akan menjadi masa depan. Menurutnya, sama dengan saat pertama kali menggunakan email.

Dia menjelaskan karena email sejak pertama kali digunakan sangat mudah sama seperti media sosial, dia tahu itu sangat mudah dan akan bertahan.

"Saat saya menemukan bitcoin saya tahun itu akan bertahan," tegas CZ.

Keyakinannya yang besar membuat dia menjual apartemennya dan berinvestasi ke dalam bitcoin sebesar US$ 1 juta yang membuat semua temannya mengatakan kalau dia sudah gila apalagi setelah itu dia jg tidak bekerja, jadi CZ bukan hanya tidak punya rumah namun juga pengangguran.

Dua bulan kemudian Bitcoin jatuh hingga 70% dan CZ kehilang US$ 700.000 ribu sehingga dianggap bodoh oleh sang ibu.

"Jadi ibuku seperti, kamu anak bodoh dan mengapa kamu melakukan hal itu padahal kamu sudah punya pekerjaan yang baik di perusahaan," kenang dia.

Sementara itu, CZ tetap beranggapan kalau dia harus bertahan karena ini adalah peluang besar dan hanya akan diambil oleh sebagian kecil orang.

"Aku tidak akan melewatkan hal ini karena akan besar dan ini kesempatan seumur hidup," kata CZ.

Semenjak itu CZ berhenti main poker dan juga meninggalkan teman-teman, serta semua hobinya. Dia menghabiskan waktu dari jam 9 pagi hingga larut malam, tujuh hari seminggu selama lima tahun untuk mengerjakan Teknologi Blockchain. Akhirnya dia memulai Binance, tempat orang bisa membeli dan menjual kripto satu sama lain.

Tanpa diduga, dalam lima tahun Binance menjadi Bursa Kripto terbesar dengan 100 juta pengguna.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Binance Hentikan Sementara Deposit & Penarikan Terra LUNA


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading