Top Gainers-Losers

GOTO Akhirnya Ada di Top Gainers, EMTK-ARTO Masih Terboncos

Market - Chandra Dwi, CNBC Indonesia
19 May 2022 07:00
Ekosistem terintegrasi GoTo. Foto: Dok: GoTo

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali ditutup cerah bergairah pada perdagangan Rabu (18/5/2022) kemarin, di mana IHSG melesat cukup kencang lebih dari 2%.

Menurut data dari Bursa Efek Indonesia (BEI), indeks bursa saham acuan Tanah Air tersebut ditutup melejit 2,24% ke level 6.793,41. IHSG pun sukses menembus level psikologis 6.700 dan menempel level psikologis 6.800 kemarin.

Nilai transaksi indeks kemarin mencapai sekitaran Rp 17 triliun dengan melibatkan 23 miliaran saham yang berpindah tangan sebanyak 1,4 juta kali. Sebanyak 291 saham terapresiasi, 208 saham terdepresiasi, dan 188 saham stagnan.


Meski berhasil melejit, tetapi investor asing kembali keluar dari pasar saham RI pada perdagangan kemarin, di mana asing melakukan penjualan bersih (net sell) mencapai Rp 281 miliar di seluruh pasar.

Di tengah melejitnya IHSG kemarin, beberapa saham menjadi top gainers. Berikut sepuluh saham yang menjadi top gainers pada perdagangan Rabu kemarin.

Saham Top Gainers

Di jajaran saham top gainers, terdapat saham emiten startup teknologi yakni PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), yang harganya melejit 24% ke level harga Rp 248/saham. Padahal, saham GOTO sendiri sedang dicap Unusual Market Activity (UMA) oleh BEI.

Nilai transaksi saham GOTO kemarin terbilang besar yakni mencapai Rp 958,4 miliar dengan volume transaksi yang diperdagangkan sebanyak 4,27 miliar lembar saham. Investor asing mengoleksi saham GOTO sebesar Rp 29,87 miliar di pasar reguler.

Apresiasi ini juga melanjutkan kenaikan di hari sebelumnya di mana GOTO berhasil naik 3,09%. Sebelumnya, pada Jumat (13/5/2022), bursa mengumumkan bahwa saham GOTO terkena UMA.

"Dengan ini kami menginformasikan bahwa telah terjadi penurunan harga saham GOTO yang di luar kebiasaan (Unusual Market Activity)," tulis pengumuman bursa pada Jumat pekan lalu.

Sebelumnya pada perdagangan pekan lalu, harga saham GOTO selalu ditutup dengan koreksi di sepanjang 5 hari perdagangan.

Pada 13 Mei 2022, bahkan harga saham GOTO sempat terlempar dari level psikologis Rp 200/unit dan ditutup di Rp 194/unit.

Selain itu, saham emiten tekstil yakni PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) kembali masuk ke jajaran top gainers pada perdagangan kemarin. Saham BELL ditutup melonjak 23,53% ke level Rp 378/saham.

Nilai transaksi saham BELL pada perdagangan kemarin mencapai Rp 39,29 miliar dengan volume transaksi yang diperdagangkan sebesar 110,16 juta lembar saham. Asing mengoleksi saham BELL sebesar Rp 604,55 juta di pasar reguler.

Kinerja bisnis yang tercatat baik didorong oleh keberhasilannya dalam memperluas produk lokal di pasar internasional, dengan lompatan penjualan ekspor hingga 40,9%. Dari laba perseroan, BELL membukukan laba bersih sebesar Rp 2,45 miliar pada kuartal I-2022.

Trio Saham Bank Digital & EMTK Masuk Top Losers Kemarin
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading