Orang Dalam Bocorkan Hasil Rapat Elon Musk-Luhut, Ini Isinya

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
11 May 2022 08:40
Menagih Oleh - Oleh Dari Elon Musk Untuk RI

Jakarta, CNBC Indonesia - Kerap menjadi kontroversi membuat lampu sorot kerap tertuju pada Elon Musk. Di sisi lain, Elon tetap pengusaha yang cukup disegani dengan perusahaan mobil listriknya sebagai pemimpin mobil listrik.

Tidak heran, berita pertemuan antara Elon Musk dengan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjadi viral dan menjadi perhatian banyak orang. Apalagi, isu masuknya Tesla ke Indonesia sudah lama beredar.

Namun apa sebenarnya yang dibahas dalam pertemuan tersebut? Septian Hario Seto selaku Deputi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves mengatakan kalau pertemuan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meyakinkan Tesla berinvestasi di Indonesia. Apalagi pemerintah ternyata sudah mendekati Tesla semenjak 2021.


"Selama beberapa tahun terakhir harga nikel meningkat signifikan sehingga banyak pabrikan yang memilih untuk tidak menggunakan nikel. Kami meyakinkan Elon kalau Tesla bisa mendapatkan pasokan Nikel yang dibutuhkan dan kami akan memastikan ESG-nya sesuai standar Tesla," jelas Hario kepada CNBC, Selasa (10/5/2022).

Hario juga menjelaskan respons Tesla cukup baik dan berencana mengirimkan tim mereka ke Indonesia untuk melihat potensi kerja sama.

"Pemerintah maunya kerja sama akan win-won dan itu adalah bottom line buat kita," tegas Hario.

Jalan tengah ini masih terus dicari untuk kerja sama Tesla, pasalnya di beberapa negara seperti Jerman dan China, Tesla menguasai sepenuhnya perusahaan meski tidak berada di Amerika Serikat (AS). Sementara Hario juga menjelaskan kalau di Indonesia harus kerja sama dengan persahaan lokal.

"Nanti perlu dibicarakan bagaimana pola kerja samanya, apalagi ini investasi besar dan terus berproses. Saat ini sudah makin mengerucut feedback, baik keinginan mereka, dan juga keinginan kita,"pungkas Hario.

Untuk diketahui, Indonesia menjadi negara produsen nikel dan juga cadangan nikel di dunia. Harga nikel yang terus meningkat menjadi kekhawatiran pemerintah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cerita Luhut Soal 1 Jam Ketemu Elon Musk dan Antusiasmenya


(RCI/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading