Tiket.com Alami Gangguan Sistem, Tiket ke Jeddah Cuma Ceban

Market - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
09 May 2022 16:50
Shinta/Detiknet

Jakarta, CNBC Indonesia - Aplikasi Tiket.com sempat mengalami gangguan kemarin, Minggu (8/5/2022). Gangguan ini bahkan menyebabkan harga tiket ke luar negeri tidak lebih mahal dari sebungkus rokok

Hal itu terungkap dari salah satu pengguna yang mencoba membeli tiket penerbangan ke Jeddah, Arab Saudi melalui Singapura. Penerbangan menggunakan Saudi Arabian Airlines.

Harga tiketnya Rp 600. Sedangkan biaya jasanya Rp 10.000. Dus, biaya yang dikeluarkan cukup Rp 10.600. Transaksi yang dilakukan juga tampak berhasil.




Memang, sempat ada email balasan. Namun, email tersebut mengkonfirmasi bahwa tidak ada pengembalian dana alias refund sehingga perjalanan bisa dilakukan sesuai dengan harga ketika sistem mengalami gangguan. Berikut kutipan isi email tersebut.

Hai Sobat tiket,

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya terkait kekeliruan harga tiket pesawat.

Kami informasikan kepada baoak sesuai hasil keputusan dari tim kami terkait pemesanan yang sudah berhasil terdaftar di maskapai bapak tetap bisa menggunakan tiketnya sesuai pemesanan dan harga yang telah dibayarkan, jadi terkait kekurangan pembayaran tiket ke maskapai menjadi tanggung jawab pihak tiket.com.

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Regards,
Customer Care Tiket.com.



Batal Otomatis dan Refund

CNBC Indonesia menelusuri kebenaran informasi tersebut. Berdasarkan hasil penelusuran, sumber yang mengetahui hal ini mengakui adanya gangguan sistem yang menyebabkan harga tiket penerbangan hanya Rp 1.600.

Sumber yang enggan disebutkan namanya itu juga meneruskan pesan berupa pernyataan tim customer care tiket.com. Berikut pernyataannya.

Hi Sobat tiket

Mohon maaf atas ketidaksesuaian harga yang tertera pada pada aplikasi tiket.com. Harga yang tertera saat ini sedang dalam perbaikan tim terkait kami. Mohon melakukan pengecekan secara berkala demi kenyamanan kebutuhan travel anda.

Terima kasih.

Customer Care tiket.com

Namun, sumber tersebut membantah jika transaksi berhasil sehingga pengguna aplikasi bisa tetap melanjutkan perjalanan. "Tetap batal otomatis dengan proses refund," kata sumber tersebut, Senin (9/5/2022).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BebasBayar Klaim Aplikasi Resmi, Respons OJK: HOAX


(dhf/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading