Lapor Pak Putin, Timah Rusia Dilarang Masuk Bursa Logam Dunia

Market - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
05 May 2022 16:15
Timah solder. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga timah dunia terpantau stabil pada perdagangan hari ini di tengah penangguhan timah asal Rusia oleh bursa acuan dunia. Pasar tampak merespon "b saja" atas kebijakan tersebut.

Pada Kamis (5/5/2022) pukul 14.30 WIB harga timah dunia tercatat US$ 40.590/ton, turun tipis 0,06% dibandingkan harga penutupan kemarin.


Bursa logam London resmi menangguhkan timah asal Rusia di pasarnya pada Rabu (4/5/2022). Penangguhan berarti timah Rusia tidak dapat dikirimkan terhadap kontrak LME, yang secara efektif berarti tidak dapat diperdagangkan di pasar.

Rusia memang bukan merupakan produsen utama timah dunia. Mengacu USGS, produksi timah Rusia pada tahun 2021 sebesar 3.500 ton, setara dengan 1,17% dari produksi dunia. Sehingga power-nya tidak terlalu besar untuk menggerakkan harga timah dunia.

Dibandingkan dengan larangan timah Rusia masuk gudang LME, investor lebih khawatir keputusan ini akan merembet ke logam lain. Terutama nikel, di mana Rusia merupakan salah satu produsen terbesar dunia. Sebab, produksi nikel oleh Rusia mencapai 9,3% dari total produksi nikel dunia.

Keputusan penangguhan timah dari Rusia tersebut merupakan tanggapan atas tindakan Uni Eropa untuk membatasi produk tertentu Rusia setelah serangan Negara Beruang Merah tersebut ke Ukraina.

Sebelumnya, pemerintah Inggris memberlakukan 35% bea tambahan pada impor tembaga Rusia. Adapun produk yang akan dikenakan bea lebih mahal adalah besi, baja, pupuk, kayu, ban, kontainer kereta api, semen, tembaga, aluminium, perak, timah, bijih besi, residu/makanan produk limbah, minuman, alkohol dan cuka (termasuk vodka), gelas dan barang pecah belah, sereal, biji minyak, kertas dan kertas karton, mesin, karya seni, barang antik, kulit bulu dan bulu tiruan, kapal dan ikan putih.

Aluminium yang diproduksi oleh Rusal dan tembaga yang diproduksi oleh Norilsk Nickel (Nornickel) serta JSC Uralelektromed hanya dapat dikirim ke gudang LME yang disetujui di Inggris jika telah diekspor dari Rusia sebelum 25 Maret, kata LME.

LME mengatakan penangguhannya juga termasuk paduan timbal dan aluminium yang dibuat oleh Rusal dan tiga produsen lainnya.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pasokan di Gudang Luber, Harga Timah Tercecer


(ras/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading