Adaro Minerals Tunjuk Ariano Rachmat Sebagai Dirut

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
27 April 2022 09:05
Pencatatan Saham PT. Adaro Minerals Indoenesia Tbk (ADMR) dok. Adaro Minerals

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) baru saja menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2022 dengan tujuh agenda pembahasan. Salah satu agenda RUPST tersebut, para pemegang saham menerima dan menyetujui pengunduran diri Priyadi dari posisi Direktur ADMR dan memberikan pembebasan dan pelepasan sepenuhnya (acquit et décharge) untuk tindakan pengelolaan perusahaan yang telah beliau laksanakan selama masa jabatan sebagai Direktur perusahaan sampai penutupan RUPST ini.

"Para pemegang saham juga menerima dan menyetujui penghentian Iwan Dewono Budiyuwono dari posisi beliau sebagai Presiden Direktur perusahaan, penunjukan Christian Ariano Rachmat sebagai Presiden Direktur perusahaan, penunjukan Iwan Dewono Budiyuwono sebagai Wakil Presiden Direktur perusahaan, dan penunjukan Wito Krisnahadi sebagai Direktur perusahaan untuk masa jabatan sejak penutupan RUPST ini sampai 31 Agustus 2026," ungkap keterbukaan informasi, Rabu (27/4/2022).


Dengan demikian, susunan Direksi perusahaan menjadi sebagai
berikut.


1. Presiden Direktur: Christian Ariano Rachmat
2. Wakil Presiden Direktur: Iwan Dewono Budiyuwono
3. Direktur: Totok Azhariyanto
4. Direktur: Hendri Tamrin
5. Direktur: Bapak Heri Gunawan
6. Direktur: Bapak Wito Krisnahadi


Selain perubahan direksi, ADMR juga menyetujui agenda lain, seperti para pemegang saham menyetujui dan mengesahkan laporan tahunan AMI dan laporan keuangan konsolidasian untuk tahun fiskal 2021, serta memberikan pembebasan dan pelepasan sepenuhnya (acquit et décharge) kepada seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris untuk tindakan pengelolaan dan pengawasan yang dilaksanakan pada tahun fiskal yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021.

Pada agenda kedua, para pemegang saham menyetujui penggunaan laba bersih perusahaan untuk tahun fiskal 2021 yang mencapai AS$156,7 juta. Dari total laba bersih, AS$ 1,57 juta disimpan sebagai dana cadangan wajib untuk mematuhi ketentuan pasal 70 UU no. 40 tahun 2007 mengenai Perseroan Terbatas sementara sisanya sebesar AS$155 juta ditetapkan sebagai laba ditahan. 

Pada agenda ketiga, para pemegang saham menyetujui penunjukan Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan, anggota jaringan global PricewaterhouseCoopers diIndonesia, untuk mengaudit laporan keuangan konsolidasian perusahaan untuk tahun fiskal 2022, serta penggantinya yang ditunjuk dan/atau disetujui oleh Dewan Komisaris ADMR, berdasarkan rekomendasi Komite Audit ADMR tertanggal 7 Maret 2022.

Pada agenda keempat, para pemegang saham menyetujui untuk memberikan wewenang kepada Komite Nominasi dan Remunerasi, yang fungsinya dijalankan oleh Dewan Komisaris perusahaan, untuk menentukan honor atau gaji dan bentuk remunerasi lainnya kepada Dewan Komisaris dan Direksi perusahaan untuk tahun fiskal 2022 dengan mempertimbangkan kondisi keuangan perusahaan.

Pada agenda kelima, para pemegang saham menerima dan menyetujui realisasi penggunaan perolehan penawaran umum ADMR. Sebagaimana yang tertulis di prospektus, perolehan dari penawaran umum ADMR, setelah dikurangi biaya-biaya untuk keperluan penawaran umum, akan digunakan untuk membayar sebagian pinjaman kepada pihak berelasi, dalam hal ini kepada PT Adaro Energy Indonesia Tbk, dan untuk mendanai belanja modal perusahaan anak AMI. Per 31 Maret 2022, AMI telah menggunakan dana sebesar Rp 296.320.000.000 untuk membayar sebagian pinjaman kepada PT Adaro Energy Indonesia Tbk. Sisanya sebanyak Rp 344.375.969.369 telah ditempatkan di bank pihak ketiga dalam bentuk Rekening giro dan deposito dengan suku bunga sampai 2,75%.

Pada agenda keenam, para pemegang saham menyetujui perubahan Anggaran Dasar perusahaan terkait penambahan posisi Wakil Presiden Direktur dalam susunan Direksi perusahaan. Hal ini sesuai dengan usulan amandemen terhadap Anggaran Dasar perusahaanyang telah diumumkan pada materi RUPST yang dipublikasikan bersama pemanggilan RUPST serta ditampilkan pada situs perusahaan mulai tanggal 4 April 2022.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hari Kedua di Bursa, Saham ADMR Tembus ARA & Jadi Top Gainers


(RCI/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading