Pandemi Melanda, Sepuluh Negara Ini Tetap Kaya!

Market - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
25 April 2022 06:00
Infografis/7 Negara terkaya di dunia 2020/Aristya Rahadian Foto: Ilustrasi negara terkaya di dunia

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 menghantam perekonomian banyak negara di dunia. Kekayaan negara dan merosotnya tingkat kesejahteraan masyarakatnya pun menjadi nyata.

Kondisi tersebut bisa diukur dari pertumbuhan ekonomi lewat pendapatan domestik bruto (PDB) hingga pendapatan per kapita.

Namun, bagi beberapa negara ini, pandemi tak sampai mempengaruhi perekonomiannya. Selain cukup kebal, beberapa negara bahkan seolah tak terpengaruh dengan pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Mereka tetap menjadi negara paling kaya. Dilansir dari Global Finance, berikut daftar negara terkaya di dunia pada 2021 dalam Era Pandemi.

1. Luksemburg

Luksemburg merupakan negara terkaya di dunia nomor satu dengan PDB US$ 118.503,6 per kapita. Sebelum pandemi, negara di Eropa Barat ini bisa mencapai PDB US$ 119.415,5 per kapita.

Sumber keuangan Negara Luksemburg didominasi dari sektor jasa keuangan dan industri. Sehingga wajar, negara berpenduduk sekitar 630.000 masyarakatnya bisa menikmati standar hidup tertinggi di Zona Eropa.

2. Irlandia

Berikutnya yakni Irlandia, negara dengan 5 juta penduduk tersebut dapat sehat secara fiskal dengan cara meningkatkan tingkat ketenagakerjaannya. Jika melihat PDB per kapitanya, Irlandia hampir dua kali lipat naik dalam waktu singkat.

Irlandia merupakan negara julukan surga pajak perusahaan terbesar di dunia. Pada 2019 lalu, ketika Zona Euro hanya tumbuh 1,5%, ekonomi Irlandia berkembang lebih dari 4,9%, negara dengan pertumbuhan tercepat di benua Eropa.

Ada Negara Tertangga
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading