Paytren Teriak Butuh Rp 200 T/Bulan, Buat Apa Saja?

Market - vap, CNBC Indonesia
13 April 2022 10:15
Instagram @yusufmansurnew

Jakarta, CNBC Indonesia - Belum lama ini publik dihebohkan dengan unggahan Ustadz Yusuf Mansur di instagram pribadinya pada Minggu (10/4/2022) lalu, saat dirinya merevisi bahwa Paytren membutuhkan dana hingga Rp 200 triliun per bulan, bukan Rp 1 triliun seperti yang terungkap dalam video viral. 

Namun kemudian, pada Selasa (12/4/2022), Ustadz Yusuf Mansur kembali menjelaskan soal kebutuhan dana Rp 200 triliun per bulan. Yusuf Mansur mengatakan bahwa angka Rp 200 triliun itu bukan hanya demi keperluan untuk Paytren semata.

"Buat apa? Bukan buat Paytren doang, itu buat impian, cita-cita, narasi-narasi baik dan kebaikan. Rp 200 triliun itu kan afirmasi ya, visualisasi, imajinasi. Ini rangkaian panjang dari saya mengajar tentang dream, pray, action. Dan kemudian berani bermimpi. Ngajarin tentang (Nabi) Sulaiman. Sekali ngomong jangan tanggung-tanggung," jelasnya, Selasa (12/4/2022).


Yusuf Mansur mengaku dirinya sudah bertahun-tahun membaca itu sebagai doa, memasukkannya dalam doa setiap sujud solat fardu dan solat sunah.

"(Rp 200 triliun) buat impian, cita-cita, narasi-narasi baik dan kebaikan membangun rumah tahfidz di seluruh desa, bisa satu atau bahkan dua rumah tahfiz setiap desa, putra-putri. Dan desanya bukan cuma di Indonesia tapi di dunia. Lalu membangun pesantren darul quran dan pesantren tahfidz lengkap dari SD sampai perguruan tinggi di seluruh kota bukan cuma di Tanah Air, tapi di seluruh dunia," jelasnya.

Selain itu, dana tersebut juga diperlukan untuk membiayai rumah sakit-rumah sakit, membangun jembatan-jembatan yang menghubungkan antardesa yang tertinggal, membangun jalanan dan lain sebagainya.

Seperti diketahui, viral cuplikan video UYM meluapkan emosinya sembari membahas soal PayTren yang menurutnya membutuhkan dana sampai Rp 1 triliun untuk aplikasi ini dan bahkan baru-baru ini angka ini direvisi menjadi Rp 200 triliun.

Video ini viral menyusul video viral sebelumnya mengenai PayTren di mana beberapa orang yang mengaku sebagai para korban PayTren yang berasal dari kalangan 'orang susah', menangis dan memohon agar uangnya dikembalikan.

Di video tersebut, dengan emosi yang meluap-luap Yusuf Mansur juga menyebut bahwa ia membutuhkan dana sebesar Rp 1 triliun demi menghidupkan Paytren.

"Bisa saya ajak ngomong Anda semua, saya butuh duit satu triliun buat ngejagain Paytren, bisa? Mau Anda patungan? Mau?," ucapnya dalam video viral beberapa waktu lalu.

Terkait hal ini, Yusuf Mansur mengklarifikasi dalam postingan terbaru di akun instagram miliknya pada Minggu (10/4/2022). Dalam postingannya yang berbentuk screenshot percakapan dengan seseorang di Whatsapp, terungkap bahwa angka Rp 1 triliun hanya dia gunakan sebagai contoh.

Yang mengejutkan, angka yang dibutuhkan Yusuf Mansur ternyata jauh lebih besar dari dugaan. Faktanya, dia membutuhkan hingga Rp 200 triliun dalam sebulan untuk kebutuhan Paytren.

"Salah itu, 200T. Itu 1T mah contoh doang. Jangan sampe salah jalan. Butuh ya butuh. Tapi kalo salah jalan, tar malah ribet. Sip dah. Jadi bukan 1T. 200 T per bulan," ujarnya dalam screenshot percakapan yang diunggah di Instagram.

Namun ternyata, video viral tersebut adalah video lama yang durasinya satu jam lebih yang kemudian dipotong menjadi beberapa detik saja. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Emosi Yusuf Mansur Meledak, Jelaskan Soal Masalah Paytren


(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading