Bank Amar Tambah Modal Lagi Nih, Ada Suntikan dari Tolaram?

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
05 April 2022 11:28
Tolaram Group Kembali Pangkas Kepemilikan Saham di Bank Amar (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) berencana menambah modal lewat penambahan jumlah saham baru dengan mekanisme Hak Memesana Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue. Jumlah modal yang akan ditambahkan dalam rights issue ini lebih dari Rp 2 triliun. 

Dimana jumlah saham baru yang akan diterbitkan sebanyak 20 miliar unit dengan nilai nominal Rp 100 per saham. Dimana harga pelaksanaan disesuaikan dengan aturan yang berlaku di pasar modal. Dimana harga saham Bank Amar di bursa saham saat ini di kisaran Rp 390/unit.


Hal ini disampaikan perseroan dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia. Pelaksanaan rights issue ini akan disesuaikan dengan POJK No. 32/2015 juncto POJK No. 14/2019, pelaksanaan PMHMETD dapat dilaksanakan setelah:

  1. Perseroan memperoleh persetujuan dari RUPSLB sehubungan dengan PMHMETD;
  2. Perseroan menyampaikan pernyataan pendaftaran dalam rangka PMHMETD beserta dokumen pendukungnya kepada OJK; dan
  3. Pernyataan pendaftaran Perseroan, yang akan disampaikan kepada OJK, sehubungan dengan rencana PMHMETD dinyatakan efektif oleh OJK.

Penambahan modal ini, menurut penjelasan dari direksi Bank Amar, dilakukan untuk memenuhi Peraturan OJK Nomor 12/POJK.03/2020 tentang Konsolidasi Bank Umum mengenai pemenuhan Modal Inti Minimum. Dimana perseroan merencanakan pelaksanaan rights issue paling lambat sebelum akhir tahun 2022.

Dana yang diperoleh dari rights issue akan digunakan perseroan untuk memperkuat struktur permodalan dan merupakan tambahan modal kerja untuk mendukung kegiatan usaha Perseroan sebagai Bank Umum Swasta Non Devisa, terutama dalam rangka pemberian kredit kepada nasabah yang akan direalisasikan secara bertahap. Dengan meningkatnya kinerja dan daya saing Perseroan, diharapkan pula dapat meningkatkan imbal hasil nilai investasi bagi seluruh pemegang saham Perseroan.

Saat ini yang menjadi pemegang saham Bank Amar Indonesia adalah Tolaram Group Inc sebesar 55,04% dan masyarakat sebesar 44,96%.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lagi Ada yang Sedang Cari Cuan Sebelum Rights Issue AMAR


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading