Akuisisi Startup Belajar Tumbuh Berbagi, Ini Penjelasan BUKA

Market - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
30 March 2022 09:40
Bukalapak

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) menjelaskan kronologi kesalahan penulisan biaya akuisisi PT Belajar Tumbuh Berbagi (BTB) yang nilai aslinya adalah US$ 1 juta.

Dalam keterbukaan informasi perusahaan, dikutip Rabu (30/3/2022), Bukalapak menyebut akuisisi melalui penandatanganan Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat sudah dilakukan perusahaan melalui PT Bina Unggul Kencana (BUK) dan PT Kolaborasi Kreasi Investa (KKI) per 4 November 2021.

Nilai kesepakatan waktu itu adalah US$1 juta untuk memperoleh 100% kepemilikan atau 11.340 unit saham di BTB. Akan tetapi, nilai kesepakatan ini tertulis di laporan keuangan sebesar US$ 1 miliar.


Kesalahan ini lantas dibenarkan oleh BUKA melalui amandemen per 11 Januari 2022. Informasi pengkinian tersebut ada di dalam CALK No. 39 tentang Peristiwa Setelah Tanggal Pelaporan dan CALK No. 43 tentang Penerbitan Kembali Laporan Keuangan Konsolidasian Interim.

"Latar belakang Para Pihak menandatangani Addendum PPJB BTB tanggal 11 Januari 2022 untuk menyamakan informasi harga jual beli saham sesuai dengan intensi dan kesepakatan para pihak bahwa nilai jual beli saham adalah sebesar US$ 1 juta," tulis BUKA.

Perusahaan rintisan ini juga menyebut pengambilalihan BTB dilakukan untuk memperkuat ekosistem perusahaan yang merupakan sebuah entitas platform komunitas dan edukasi digital. BUKA mengklaim memiliki fokus pada pemberdayaan dan dukungan untuk UMKM.

"BTB merupakan perusahaan penyedia jasa layanan edukasi dan komunitas berbasis digital, yang menawarkan bermacam-macam topik edukasi dan pembelajaran yang berkaitan dengan perdagangan online. Manfaat pengambilalihan BTB dilakukan untuk menambah sinergi perusahaan dan meningkatkan manfaat untuk Perseroan dan KKI serta memberikan pilihan tambahan layanan kepada pengguna yang dilakukan secara sinergi dan efisien," tulis BUKA.

BTB adalah perusahaan yang bergerak di bidang usaha pendidikan, bimbingan belajar dan konseling swasta. Perusahaan ini memiliki produk berupa edukasi perdagangan online kepada pelanggan. Selain itu, BTB juga menyediakan jasa komunitas dan konseling untuk berjualan daring.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BRI Sambut Regulasi OJK Soal Akuisisi Fintech


(vap/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading