Jreng! Crazy Rich Martua Sitorus Punya Rumah Sakit & Siap IPO

Market - Tim Riset, CNBC Indonesia
29 March 2022 16:10
Martua Sitorus. (Dok. Forbes.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Taipan yang kaya raya dari bisnis pekebunan kelapa sawit, kini mulai memperluas gurita bisnisnya ke berbagai sektor, termasuk calon emiten rumah sakit yang akan melakukan penawaran perdana bulan depan.

Ekspansi dengan membawa perusahaan terdiversifikasi ke lantai bursa bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh Martua Sitorus - dan keluarga. Sebelumnya tahun lalu, Martua juga berhasil menawarkan perusahaan produsen semen merek Merah Putih, PT Cemindo Gemilang (CMNT) kepada investor publik dan berhasil mengumpulkan Rp 1,17 triliun.

Pada kesempatan kali ini perusahaan yang akan dilepas adalah PT Murni Sadar Tbk (MTMH) yang semula dimiliki oleh keluarga Sitorus dan kini siap melaksanakan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).


Murni Sadar adalah pengelola rumah sakit swasta dengan nama Murni Teguh Hospitals. MTMH mematok harga penawaran umum di kisaran Rp 1.180- Rp 1.480 per saham sehingga target dana yang diraih dari aksi korporasi ini paling banyak sebesar Rp 375,95 miliar.

Perseroan berencana melepas 254.022.800 saham atau sekitar 12,28% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO dengan nilai nominal Rp 100 per saham.

Salah satu pemegang saham utama dengan kepemilikan besar adalah Jacqueline Sitorus yang sebelum IPO menguasai 24,11% dan setelah IPO berkurang menjadi 21,15%.

Meski demikian pihak pengendali dan ultimate beneficial owner (pemilik manfaat akhir) dari perseroan dipegang oleh presiden komisaris perusahaan Tjhin Ten Chun yang memiliki kepemilikan langsung 3,44% sebelum IPO dan kepemilikan tidak langsung sebesar 19,30% melalui PT Sumatera Teknindo.

Artinya secara kepemilikan, putri Martua Sitorus menguasai lebih besar saham perusahaan. Tjhin Ten Chun juga memiliki hubungan kekerabatan dengan Jacqueline Sitorus yang mana tantenya yakni DR. dr. Mutiara, MHA, MKT merupakan istri dari Tjhin Ten Chun.

Berdasarkan prospektus perusahaan diketuai bahwa Jacqueline merupakan keponakan dari DR. dr. Mutiara, MHA, MKT, Thio Ida, Bertha dan Ganda yang merupakan pemegang saham utama lainnya di calon emiten rumah sakit ini.

Jacqueline sendiri juga tidak terdaftar sebagai anggota dari dewan direksi dan komisaris perusahaan., yang mana di CMNT ia tercatat sebagai presiden komisaris.

Melansir Kuhuni.com, Jacqueline Sitorus yang merupakan anak taipan kelapa wasit Martua Sitorus diketahui lahir di Medan tahun 1987. Sebelum menjabat sebagai Presiden Komisaris CMNT, ia diketahui memulia karier sebagai analis di analis Goldman Sachs. Setelahnya ia pernah menduduki jabatan penting lainnya seperti Deputi COO di PT Energi Unggul Persada dan non-executive director di Kolos Cement Ltd yang berlokasi di Mauritius.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Dugaan Korupsi Migor.. Ingat Wilmar, Ingat Martua Sitorus


(fsd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading