BSI Dukung Penuh BWM PKP Demi Majukan UMKM Berbasis Syariah

Market - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
25 March 2022 12:30
BSI Dukung Penuh BWM PKP Demi Majukan UMKM Berbasis Syariah

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) mendukung upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong pertumbuhan UMKM dengan membentuk Bank Wakaf Mikro (BWM) di Pesantren Modern Pondok Karya Pembangunan (PKP), sekaligus menjadi yang pertama di DKI Jakarta.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi mengatakan BWM nantinya dapat membantu pemberdayaan masyarakat untuk mengakses permodalan yang mudah dan terjangkau. Selain itu, BWM juga diproyeksikan dapat berperan dalam memberantas rentenir dan mengentaskan kemiskinan.

"BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia berkomitmen untuk bersama-sama dengan UMKM agar mereka bisa naik kelas dan meningkatkan usahanya," ujar Hery dalam keterangan tertulis, Jumat (25/3/2022).


Kehadiran BWM Pesantren Modern PKP DKI Jakarta ini pun dapat mendorong inklusi keuangan di tengah-tengah masyarakat karena akan membantu pembiayaan nasabah pemilik usaha mikro.

Hery menambahkan, hal ini tidak lepas dari komitmen kuat BSI untuk membangun perekonomian umat. Pihaknya pun berharap BWM di pondok pesantren mampu memberikan dampak ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat sekitarnya.

"Bank Wakaf Mikro ini juga nantinya bisa memperkuat green economy dengan adanya usaha budidaya maggot yang dikelola secara terintegrasi di pondok pesantren," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin, berharap BWM bisa dikelola dan dipertahankan kelangsungannya ke depan. Menurutnya, BWM harus dikembangkan kapasitasnya dengan baik terutama dari sisi ekosistem digital.

"Inovasi yang telah dilakukan seperti pembuatan aplikasi BWM Mobile harus terus didorong untuk menambah kebermanfaatan BWM bagi nasabah sehingga nantinya dapat mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional," tuturnya.

Sebagai informasi, program BWM merupakan platform bagi pondok pesantren untuk dapat dapat mengoptimalkan perannya dalam dakwah ekonomi, yang mana diketahui selama ini Pesantren hanya berfokus pada akidah dan dakwah pendidikan. Kehadiran BWM di pesantren dapat menjadi inkubator dalam menyiapkan,memajukan, serta memperluas usaha mikro syariah.

Berdasarkan data OJK, jumlah pembiayaan yang telah disalurkan oleh Bank Wakaf BWM sebesar Rp78,5 miliar. Pembiayaan ini disalurkan oleh sebanyak 62 BWM di seluruh Indonesia. Adapun potensi pemberdayaan merupakan lingkungan ponpes yaitu santri, alumni santri, keluarga santri dan pengasuh yang bermukim di lingkungan ponpes serta pelaku UMKM yang memiliki usaha potensial produktif.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BSI Sabet 3 Penghargaan di Penghujung 2021


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading