Medco Ungkap Ada 'Liga' di Industri Hulu Migas, Begini Isinya

Market - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
23 March 2022 18:25
Medco e&p natuna temukan cadangan gas di perairan natuna. (SKK Migas)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan energi nasional, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) mengungkapkan adanya sebuah tingkatan liga di dalam industri hulu migas. Liga yang dimaksud yakni kemampuan finansial perusahaan migas dalam melakukan kegiatan eksplorasi.

Direktur & Chief Operating Office Medco Energi Ronald Gunawan, menjelaskan dalam menjalankan kegiatan eksplorasi, terdapat perusahaan-perusahaan yang mempunyai kemampuan finansial yang berbeda. Misalnya seperti perusahaan sekelas Petronas yang masuk dalam daftar liga kelas tinggi.

"Dia bisa main dari medium size sampai big size. Jadi seperti ini yang harus kita jaga karena kita punya potensial deep water," kata dia dalam acara Drilling Summit Tahun 2022, Rabu (23/3/2022).


Menurut Ronald, jika dibandingkan perusahaan sekelas Petronas, Pertamina, hingga ConocoPhillips yang asetnya baru saja diakuisisi oleh Medco, jelas berbeda. Pasalnya, Medco tidak bermain di ranah proyek migas laut dalam.

"Sekali investasi ada US$ 150 juta. Nah dengan size Medco sekarang kita gak akan sanggup jadi kita pilih liga berbeda," katanya.

Meski demikian, dia berharap agar pemerintah tetap menjaga iklim investasi migas tetap seimbang. Bukan hanya untuk pemain besar saja, namun juga untuk pemain kecil.

"Karena player besar itu mungkin gak tertarik dengan 100 mboepd tapi player kecil tertarik. Kan sering dibilang player besar keluar, harusnya dijaga kesimbangan player kecil juga," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Grup Medco Dapat Kredit Sindikasi Rp 6,41 T, untuk Apa?


(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading