Bos BCA: Salurkan KPR & KKB Masing-masing Rp 30 T Setahun

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
22 March 2022 14:35
Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja (dalam layar) di Konferensi Pers BCA Expoversary 2022

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) kredit konsumen punya potensi besar sebagai salah satu saluran pembiayaan bank swasta terbesar di Indonesia tersebut. Pasalnya kredit konsumen punya multiplier effect yang luas untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Ini yang membuat BCA lebih senang memilih kredit konsumen. "Kita menyalurkan KPR (Kredir Pemilikan Rumah) tidak semua hanya untuk pribadi, tapi juga usaha. Ini adalah suatu potensi yg besar sekali, memang keberatanya ada rundown yang cepat, rata-rata kredit KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) 2-3 tahun harus lunas, jadi berputar terus. 


Jahja menyebutkan, dalam sebulan BCA menyalurkan KPR senilai Rp 2,5 triliun dan dalam setahun bisa mencapai Rp 30 triliun. Sementara untuk KKB, BCA menyalurkan sekitar Rp 25 triliun - Rp 30 triliun.

Menurut Jahja, penyaluran KPR dan KKB bukan sekedar beli rumah atau mobil saja. Ada industri yang terdampak dari pembelian rumah dan kendaraan bermotor dan juga tenaga kerja.  

"Ini ada multiplayer effect kita mendorong kredit konsumen. Mobil juga, supply chain, spare part mensupport industri korporasi yang menjual ini. Saya kira kalau orang punya rumah mobil sendiri kan tidak usah sewa sewa lagi jadi aset ga build sendiri," ujar Jahja.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BCA Tawarkan Bunga KPR 2,65%! Yakin Ga Tertarik?


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading