Catat! GoTo Dijadwalkan Listing 4 April di BEI

Market - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
15 March 2022 11:55
GoTo (Tangkapan layar zoom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) PT GoTo Gojek Tokopedia akan segera berlangsung. Dalam prospektus IPO yang diterbitkan Selasa (15/3/2022) ini, Goto telah jadwal sementara proses IPO hingga perusahaan akhirnya resmi mencatatkan saham bursa nanti.

Mengutip prospektus awal GoTo, disebutkan bahwa masa penawaran awal IPO perusahaan teknologi ini akan berlangsung pada 15 -21 Maret 2022. Setelah itu, proses IPO akan memasuki tanggal efektif pada 25 Maret.

Masa penawaran awal atau bookbuilding adalah waktu di mana calon investor bisa mendapat kisaran rentang harga saham perusahaan tujuan. Minat pembelian saham bisa disampaikan calon investor pada masa ini.


Setelah itu, masa penawaran umum perdana saham GoTo akan berlangsung pada 29 - 31 Maret 2022. Di masa ini, calon investor sudah bisa mengetahui harga saham final yang ditawarkan perusahaan.

Setelahnya, penjatahan saham akan dilakukan GoTo pada 31 Maret 2022. Penjatahan adalah pemberian saham dari perusahaan kepada calon investor yang sudah menyatakan ketertarikan berinvestasi. Apabila permintaan saham investor melebihi jumlah saham total ditawarkan, maka akan dilakukan penjatahan.

Setelah itu, distribusi saham GoTo secara elektronik diperkirakan berlangsung 1 April mendatang. Pada 4 April, saham GoTo akan resmi tercatat pada PT Bursa Efek Indonesia.

Ringkasan prospektus menyebutkan GoTo akan melepas 52 miliar saham baru seri A dalam rangka proses IPO ini. Jumlah tersebut yang mewakili 4,35% dari modal ditempatkan dan disetor penuh perusahaan. Dengan harga saham pada kisaran Rp316-Rp346, GoTo memperkirakan akan menghimpun dana sebanyak banyaknya sebesar Rp17,99 triliun, yang tentu akan menjadi salah satu IPO terbesar dalam sejarah Indonesia.

Prospektus GoTo tersebut menunjukkan optimisme perusahaan dalam melantai di bursa, di tengah dinamika pasar modal yang menarik untuk dicermati. Sejumlah bagian dari prospektus IPO GoTo menyoroti bentuk-bentuk optimisme tersebut, demi menjaga keyakinan para calon investor.

Misalnya saja, prospektus menyebutkan adanya opsi greenshoe yang dapat digunakan oleh GoTo demi menjaga stabilisasi harga. Apabila harga saham menurun di bawah tingkat harga IPO, opsi greenshoe dapat dilakukan dengan menerbitkan sebanyak-banyaknya 15% saham dari jumlah yang ditawarkan pada saat IPO, dalam jangka waktu maksimal 30 hari. Apabila dijalankan dan terserap optimal, maka total saham GoTo milik masyarakat akan menjadi 5,0%

Berikut daftar lengkap jadwal sementara IPO GoTo.

- Penawaran Awal: 15 - 21 Maret

- Perkiraan Tanggal Efektif: 25 Maret

- Penawaran Umum Perdana Saham: 29 - 31 Maret

- Penjatahan: 31 Maret

- Distribusi Saham Secara Elektronik : 1 April

- Tanggal Pencatatan pada BEI: 4 April


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Rilis Prospektus, Ini 6 Fakta Paling Menarik dari IPO GoTo


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading