Pengumuman! Kemarin Anjlok, Harga CPO Hari Ini Naik Lagi Nih!

Market - Annisa Aflaha, CNBC Indonesia
09 March 2022 10:05
Ilustrasi Kelapa Sawit (CNBC Indonesia/Rivi Satrianegara)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) kembali naik pada hari ini, Rabu (9/3/2022), setelah kemarin sempat anjlok. Meski demikian, pergerakan harga CPO masih diselimuti oleh sentimen negatif.

Mengacu pada data kepada Refinitiv, pada pukul 08:10 WIB, harga CPO dibanderol di level MYR 6.520/ton atau naik 1,62%.


Wang Tao, Analis Komoditas Reuters, memperkirakan harga CPO hari ini akan tetap berada pada kisaran MYR 6.414 - 6.679/ton, setelah itu baru akan terlihat arah pergerakan naik atau turun. 

Namun, pada grafik harian harga CPO masih membentuk pola sideways di kisaran MYR 6.258-6.707/ton. Semakin lama harga CPO terkonsolidasi dalam kisaran tersebut, maka semakin besar kemungkinannya akan jatuh menuju MYR 6.000/ton.

cpoSource: Reuters

Kemarin, harga CPO mengakhiri perdagangan turun di MYR 6.416/ton, namun harga CPO kembali naik hari ini. Melansir Reuters, harga CPO yang turun dapat disebabkan oleh aksi ambil untung para investor dan permintaan terhadap minyak nabati lain lebih banyak dibandingkan dengan pemintaan CPO.

Maklum, harga CPO telah naik sebanyak 64,07% secara tahunan, walaupun masih drop 2,10% secara mingguan.

Harga CPO dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak nabati lain karena bersaing untuk mendapatkan bagian di pasar minyak nabati dunia.

Faktor kenaikan disebabkan oleh produksi yang lambat, pembatasan ekspor oleh produsen CPO terbesar yaitu Indonesia, dan kekhawatiran pasokan minyak biji bunga matahari sebagai alternatif minyak selain CPO karena kisruh yang kian meningkat antara Rusia-Ukraina.

Tercatat bahwa ekspor Rusia dan Ukraina untuk minyak biji matahari mencapai 80% untuk pasokan dunia.

Sementara itu, Malaysia sebagai produsen CPO kedua terbesar setelah Indonesia, yang diwakilkan oleh Menteri Industri Perkebunan Malaysia mengatakan bahwa pekerja asing diperkirakan akan tiba pada Mei dan Juni untuk membantu meningkatkan produksi CPO dengan target 20 juta ton tahun ini.

Sebanyak 80% pekerja CPO di Malaysia merupakan pekerja asing yang mayoritas berasal dari Indonesia.

Malaysia juga akan membuka kembali perbatasannya mulai 1 April dan mengizinkan masuk tanpa karantina bagi pengunjung yang sudah divaksinasi, setelah sempat ditutup karena pandemi melonjak.

Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob juga mengatakan bahwa Malaysia akan beralih ke fase endemik mulai bulan depan.

TIM RISET CNBC INDONESIA 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sempat Melesat, Harga CPO Mulai Tergelincir


(aaf/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading