Duh! Melonjak Ratusan Persen, BEI 'Gembok' 2 Saham Ini

Market - Aldo Fernando, CNBC Indonesia
22 February 2022 14:43
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara (suspensi) perdagangan dua saham, emiten Grup MNC PT Indonesia Transport & Infrastructure Tbk (IATA) dan emiten sawit PT Gozco Plantations Tbk (GZCO) mulai hari ini, Selasa (22/2/2022).

Berdasarkan pengumuman di website Bursa Efek Indonesia (BEI), suspensi tersebut dilakukan seiring terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada dua saham di atas.

"Para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh perseroan," jelas BEI dalam keterangannya, dikutip CNBC Indonesia, Selasa (22/2).


Saham IATA memang bergerak liar sejak awal bulan ini dengan kenaikan mencapai 222,58%. Sementara, sejak awal tahun (ytd), saham ini meroket 207,69%.

Kenaikan signifikan saham IATA akhir-akhir ini terjadi di tengah perusahaan berencana mengubah fokus bisnis ke bidang investasi (batu bara) dan perusahaan induk.

Perubahan bisnis utamanya ini disetujui berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang menyetujui perubahan nama menjadi PT MNC Energy Investments Tbk.

Setali tiga uang, saham GZCO sudah terbang 169,12% selama sebulan belakangan. Kemudian, secara ytd, saham emiten yang melantai di bursa sejak 2008 silam ini sudah melambung 165,22%.

Sebelumnya, dalam penjelasan kepada BEI soal pergerakan saham di luar kelaziman (unusual market activity/UMA), pada 14 Februari 2022, manajemen GZCO menjelaskan bahwa perseroan tidak memiliki informasi material yang belum disampaikan ke publik.

"Sepengetahuan perseroan, tidak ada informasi yang menyangkut perusahaan kami yang beredar sebagai rumor atau beredar di media massa," pungkas pihak GZCO.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Suspensi Dibuka, Saham MSIN Masih Masuk Pemantauan Khusus


(adf/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading