Sasar Milenial, BTN Siapkan Housing Ecosystem Canggih

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
17 February 2022 12:10
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) Haru Koesmahargyo

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) Haru Koesmahargyo mengungkapkan rencananya untuk ikut menggarap pasar properti tanah air, terutama segmen milenial, dengan membuat housing ecosystem.

Ekosistem ini menurutnya bisa merangkul seluruh partisipan di industri properti, dan mengikuti perjalanan masyarakat ketika ingin membeli rumah.

"Jadi kami akan menyediakan aplikasi yang nantinya ekosistem ini, ada akses kepada housing ecosystem BTN properti. Nanti ada ada supply chain, punya B2B dan ke mitra untuk kemudahan transaksi pengembang," kata Haru dalam CNBC Indonesia Property Outlook, Kamis (17/2/2022).


Kemudian, dari ekosistem ini nantinya juga bisa mengakses pameran properti virtual untuk pencarian rumah. Dari sana, konsumen bisa memilih tipe rumah yang diinginkan, daerahnya, developer, tanpa harus datang ke lokasi.

"Smart residence, tingal di rumah juga harus ada aktivitas keuangan. Misalnya di apartemen ada maintenance, di rumah harus membayar listrik, PBB, iuran lainnya. Kami akan set aplikasi smart residence tidak perlu lagi bayar masing2 sendiri, di masing- masing komplek perumahan," jelasnya.

Dalam ekosistem tersebut termasuk BTN Properti, yang menyediakan fasilitas bagi mereka yang akan menyewakan rumah, mencari prospek yang mau menyewa, menjual, hingga lelang. Dia menegaskan digitalisasi menjadi keharusan di era pandemi, terutama yang bisa meningkatkan aksesibilitas nasabah.

"Ke depan semua terhubung dalam satu pintu super apps BTN ini, yang akan melingkupi semua termasuk aplikasi eksternal. Ekosistem di luar banyak aplikasi yang lain, di bidang perumahan, arsitek, jasa konstruksi dan lainnya masuk ke sana. Dengan begitu dari satu pintu bisa akses semuanya," kata Haru.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tahun Ini BTN Punya Modal Ventura, Akuisisi Asuransi di 2022


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading