OJK: Kresna Life Belum Sampaikan Rencana Penyehatan

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
02 February 2022 17:46
kresna life insurance

Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan saat ini PT Asuransi Jiwa Kresna atau Kresna Life belum menyampaikan rencana penyehatan perusahaan. Kendati demikian, perusahaan telah mendapatkan komitmen dari pemegang sahamnya untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di perusahaan saat ini.

Dewan Komisioner Pengawas IKNB OJK Riswinandi mengatakan OJK masih membatasi operasional dari perusahaan asuransi yang terafiliasi dengan grup Kresna ini. Beberapa waktu laly perusahan telah mendapatkan kesepakata homologasi dari proses proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang PKPU yang dijalankannya.

"Sampai sekarang mereka belum menyelesaikan rencana penyehatannya. Tetapi pada waktu dilakukan PKPU itu tercapai homologasi, kesepakatan penyelesaian dengan pemegang polis. Ini mereka lanjutkan," kata Riswinandi dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (2/2/2022).


"Sampai sekarang mereka lanjutkan, kita enggak tau sumber dananya, tapi diinformasikan ini bagian daripada support pemegang saham. Nah, secara administrasi, prudentialnya, kalau PKPU ini tidak bisa dilakukan perbaikan, ujungnya berakhir juga kelangsungannya. Memang dilema kta polis yang suadh berlangsung keberlangsungannya," lanjut dia.

Untuk itu, OJK saat ini sedang memutar otak untuk memberikan perlindungan nasabah yang sudah mulai dibayarkan kewajibannya oleh perusahaan. Sebab, jika izin operasional perusahaan ini akan berdampak pada nasabah.

"Jadi kita minta komitmen dari pemegang saham untuk segera menyelesaikan rencana penyehatan keuangannya supaya secara prudential perusahaan ini tetap bisa berjalan dan kewajiban kepada peegang polis bisa diselesaikan," terang dia.

Adapun saat ini Kresna Life masih berada dalam status pengawasan khusus oleh OJK dan akan jatuh tempo paling lambat pada 30 April 2022.

OJK juga masih menunggu Kresna Life untuk menyampaikan Rencana Penyehatan Keuangan (RPK) secara komprehensif yang dapat mengatasi permasalahannya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Nasabah Unit Link Prudential Teriak, Begini Tanggapan OJK


(mon/mon)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading