Kinerja Bank Big Cap RI Bakal Dongkrak Laju IHSG

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
28 January 2022 08:44
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kinerja ciamik ketiga bank big caps Tanah Air, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), yang dirilis pekan ini menjadi katalis positif bagi bursa saham domestik. Kinerja ketiganya bahkan cukup melampaui ekspektasi pasar.

Hal ini membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terangkat 0,16% ke level 6.611,16. Data perdagangan menunjukkan, nilai transaksi harian kemarin mencapai Rp 11,42 triliun. Pelaku pasar asing melakukan penjualan bersih senilai Rp 71,64 miliar.

Surya Fajar Sekuritas memperkirakan, pada perdagangan hari ini, IHSG diperkirakan akan melanjutkan tren penguatannya.


"Katalis utama datang dari rilis kinerja BMRI, BBCA, dan BBNI yang melampaui ekspektasi pasar," tulis SF Sekuritas, dalam risetnya, Jumat (28/1/2022).

SF Sekuritas memperkirakan, pada Jumat ini, IHSG akan bergerak di rentang 6.580 sampai dengan 6.630.

Sementara itu, bursa saham AS melanjutkan tren pelemahan Kamis kemarin dengan ketiga indeks utama ditutup di zona merah. Penurunan dipimpin oleh saham Intel dan Tesla, yang memproyeksikan masalah rantai pasokan akan terus berlanjut di 2022.

Dari rilis data ekonomi, pertumbuhan GDP AS pada kuartal IV/2021 tercatat melonjak 6,9%; tertinggi selama hampir 4 dekade terakhir.

IHSG berhasil melanjutkan rebound dengan penguatan tipis 0,16% kemarin ke level 6.611. Di tengah minimnya sentimen domestik baru, sektor transportasi dan energi membukukan kenaikan tertinggi, masing-masing sebesar 2,07% dan 1,36%.

"Menjelang akhir pekan, pergerakan indeks acuan berpotensi untuk terkoreksi secara teknikal pada rentang 6.550-6.630," tulis NH Korindo Sekuritas.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Window Dressing Akhir Tahun, IHSG Berpotensi ke Level 6.700


(sys/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading