Walikota New York Digaji Pakai Kripto, Petaka atau Berkah?

Market - Tim Riset, CNBC Indonesia
25 January 2022 09:25
coinbase (ist coinbase via cnbc)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketika pedagang kripto dipenuhi kecemasan akibat merosotnya pasar baru-baru ini, pengguna di media sosial saling menunjuk ke sesama penggemar yang mungkin menderita kerugian, salah satu di antaranya adalah Walikota New York Eric Adams.

Adams, politisi partai Demokrat yang berencana mengubah New York menjadi "pusat industri cryptocurrency," bersumpah untuk menerima tiga gaji pertamanya dalam Bitcoin pada November 2020.

Setelah dilantik pada 1 Januari, kantor Walikota mengonfirmasi bahwa gaji kotor pertamanya sebesar US$ 9.924.66 atau setara dengan Rp 142,42 juta (kurs Rp 14.350/US$) akan dikonversi menjadi Bitcoin dan Ethereum pada 21 Januari.


Coinbase Global Inc. menangani konversi melalui fitur setoran langsung, yang memungkinkan pengguna untuk mengalokasikan sebagian atau seluruh gaji mereka ke dalam dompet kripto.

Dengan asumsi pajak yang dibayarkan sekitar 40%, maka Adams akan menerima sekitar US$ 5.954,80 (Rp 85,45 juta) sebelum pemotongan lain seperti untuk rencana pensiun 401(K).

Berdasarkan harga penutupan hari Kamis untuk Bitcoin dan Ethereum, dan jika jumlahnya diinvestasikan secara merata di keduanya, dia akan kehilangan sekitar US$ 922,99 (Rp 13,24 juta) hingga Senin (24/1) kemarin.

Dilansir Bloomberg, Coinbase mengonfirmasi bahwa gaji Adams telah disetorkan minggu lalu, namun bursa kripto tersebut menolak berkomentar tentang berapa banyak yang dialokasikan sang walikota untuk Bitcoin dan Ether. Coinbase mencatat bahwa pengguna setoran langsung dapat menyesuaikan preferensi mereka kapan saja.

Meski nilai setorannya menyusut signifikan, Adams tampaknya tidak terlalu khawatir. Dalam sebuah wawancara dengan CNN, ia menepis pertanyaan tentang kemungkinan kerugiannya, mencatat bahwa dia adalah "investor jangka panjang" di kripto.

Bitcoin telah jatuh ke level terendah sejak Agustus, turun ke level di bawah US$ 34.000, dengan token digital lainnya menderita kerugian yang lebih dalam. Ethereum turun ke level US$ 2.169,64 kemarin malam.

Meski saat ini mengalami kerugian, Adams memiliki potensi untuk menghasilkan untung jika harga crypto kembali rebound karena dia membeli mata uang digital tersebut di harga bawah, yang sering disebut membeli dip.

Sebelumnya, Walikota New York baru ini telah menggembar-gemborkan rencananya untuk mengubah New York menjadi pusat cryptocurrency dan inovasi keuangan lainnya. Dia menyatakan minatnya untuk menjelajahi NYC Coin, belajar dari dari Walikota Miami Francis Suarez yang mendukung MiamiCoin.

Terlepas dari kejatuhan baru-baru ini di pasar crypto, Adams mengatakan kepada CNN bahwa dia terus mendukung janjinya untuk mendukung adopsi aset digital secara luas di New York, mendorong kaum muda untuk terus "engaged in emerging markets."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mohon Maaf, Harga Bitcoin Hingga Ethereum Anjlok Hari ini!


(vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading