Duh! Bitcoin Jadi Alat Cuci Uang Kriminalitas di Brazil

Market - chd, CNBC Indonesia
24 January 2022 18:30
Bitcoin

Jakarta, CNBC Indonesia - Badai tengah menghampiri mata uang kripto alias cryptocurrency. Belum kembali stabil di level tertinggi seperti periode-periode sebelumnya, kabar tak sedap justru kembali menyambangi koin digital ini.

Kabar kurang menggembirakan kali ini datang dari Brazil. Ini ada kaitannya dengan aksi polisi setempat yang berhasil meringkus dua pria dan seorang wanita di suatu hotel di negara bagian Rio de Janeiro medio April tahun lalu. Polisi menangkapnya setelah menemukan uang tunai sebanyak 7 juta reais (US$ 1,3 juta) dalam helikopter yang dikemas rapih oleh ketiga orang tersebut.

Para tahanan mengatakan kepada polisi bahwa mereka bekerja untuk G.A.S. Consulting & Technology, sebuah perusahaan investasi cryptocurrency yang didirikan oleh mantan pelayan yang menjadi multijutawan dan juga merupakan tokoh sentral dalam apa yang diduga sebagai salah satu skema piramida terbesar yang pernah ada di Brazil.


Polisi mengatakan perusahaan yang dimiliki oleh Glaidson Acácio dos Santos yang berusia 38 tahun memiliki total transaksi setidaknya US$ 7 miliar dari 2015 hingga pertengahan 2021, sebagai bagian dari skema Ponzi berbasis Bitcoin, di mana mereka berhasil meraup keuntungan dari inevstor yang tergiur janji perusahaan, yakni menjanjikan pengembalian bulanan sebesar 10%.

Dalam ratusan halaman dokumen yang diperoleh The Associated Press (AP), polisi dan jaksa federal negara bagian menuduh dos Santos dan rekan-rekannya menjalankan praktik tersebut serta diduga telah menipu ribuan investor skala kecil yang percaya bahwa mereka menjadi kaya dari melonjaknya harga Bitcoin.

Insightcrime.org, secara terpisah memberitakan, jaksa setempat mengendus ada uang narkoba yang digunakan untuk transaksi di Juni 2021 senilai US$ 270.000. Dua penduduk Cabo Frio, kota di mana GAS Consultoria bermarkas, melakukan penyetoran ini, tetapi tidak bukti bagaimana mereka memiliki uang tersebut.

Kini, dos Santos mendekap di penjara Rio, sembari menunggu persidangan atas tuduhan termasuk pemerasan, kejahatan keuangan dan memerintahkan pembunuhan serta percobaan pembunuhan dua pesaing bisnis.

Dalam pernyataan publik, dos Santos telah berulang kali menegaskan bahwa dirinya tidak bersalah. Pengacaranya pun tidak membalas permintaan AP untuk berkomentar.

Terlepas dari daftar panjang tuduhan yang dia hadapi, dos Santos mewakili pihak yang menjadi role model bagi para pengikutnya yang memandangnya sebagai pria kulit hitam sederhana pandai berbisnis kripto, dan mereka beranggapan bahwa perannya dapat menghentikan regulator keuangan yang mereka yakini bahwa elit kulit putih seakan mencurangi sistem keuangan negara.

Kasus ini juga menggarisbawahi selera yang tumbuh cepat di industri cryptocurrency di Brazil, di mana bertahun-tahun krisis ekonomi dan politik telah membuat mata uang digital menjadi perisai yang menarik terhadap depresiasi inflasi riil Brasil.

Peminat investasi Bitcoin sangat tajam di kota Cabo Frio, sebuah kota resor berpenduduk 230.000 orang, di mana G.A.S. diklaim beroperasi di kota tersebut.

G.A.S. pun mengakui bahwa pendapatannya makin meningkat, dan memunculkan perusahaan peniru. Hal ini membuat gelombang kekerasan akibat cryptocurrency makin meningkat.

Dengan begitu banyaknya dugaan skema piramida Bitcoin, Cabo Frio kemudian dikenal sebagai "Mesir Baru." Dan dos Santos pun dijuluki "Firaun Bitcoin."

Sebagai informasi, mengutip dari pintu.co.id, skema piramida adalah model bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara merekrut anggota baru. Untuk menjadi bagian dari bisnis, anggota baru harus membayar uang muka.

Anggota baru akan bertindak sebagai salesman dan anggota tersebut perlu terlebih dahulu membeli produk. Produk biasanya tidak memiliki permintaan yang tinggi tetapi anggota baru harus membeli produk tersebut untuk tetap tergabung dalam bisnis.

Dalam beberapa skema piramida, anggota perlu menyimpan persediaan barang yang akan dijual. Ini menciptakan lebih banyak penawaran daripada permintaan.

Kilas Balik dos Santos di Kripto
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading