Benaran Sultan! Ini Daftar Orang Terkaya RI, Ada Raffi Ahmad?

Market - Tim RIset, CNBC Indonesia
20 January 2022 16:15
Raffi Ahmad (CNBC Indonesia/ Valentina Angel )

Jakarta, CNBC Indonesia - Forbes yang secara rutin memperbaharui daftar orang-orang terkaya alias crazy rich di dunia, baru saja merilis daftar orang terkaya untuk tahun 2021. Berdasarkan catatan Forbes, gabungan kekayaan 50 orang terkaya di Indonesia meningkat 22% menjadi US$ 162 miliar dari tahun lalu US$ 133 miliar. Peningkatan ini terjadi di tengah upaya pemulihan ekonomi yang sempat ambruk disebabkan pandemi Covid-19.

Meningkatnya jumlah kekayaan tersebut salah satunya ditopang oleh pertumbuhan ekonomi diprediksi naik 4%, setelah kontraksi yang dialami tahun lalu, serta harga beberapa komoditas unggulan domestik yang meroket sepanjang tahun

Meski demikian di Indonesia daftar orang terkaya, masih didominasi oleh pemain lama, dengan nyaris setengah dari daftar 40 orang terkaya di Indonesia tahun 2006, namanya kembali muncul di daftar tahun 2021, termasuk mereka yang sudah meninggal dunia yang bisnisnya dilanjutkan oleh anak dan keluarga.


Hartono bersaudara masih memimpin daftar orang terkaya, dengan kenaikan nominal tertinggi tahun ini mencapai US$ 3,8 miliar.

Lalu bagaimana dengan pesohor yang sangat dikenal di Tanah Air seperti Raffi Ahmad atau Baim Wong? sayangnya nama kedua selebritas tersebut masih absen dari daftar yang secara reguler dipublikasikan Forbes.

Lalu berapa sebenarnya kekayaan Raffi yang merupakan salah satu selebriti yang paling populer di Tanah Air, dengan jumlah pengikut Instagram lebih dari 57 juta serta pelanggan di kanal YouTube mencapai 22,6 juta akun?

Absennya Raffi dari daftar tersebut, secara tidak langsung berarti kekayaannya masih di bawah Kartini Muljadi dan keluarga, pemilik dari perusahaan farmasi Tempo Scan Pacific (TPSC), yang berada di peringkat 50 dan merupakan batas terbawah (cut-off) dengan kekayaan bersih diperkirakan sebesar Rp US$ 695 juta atau setara dengan Rp 9,97 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.350/US$.

Dikarenakan Raffi tidak memiliki perusahaan publik dengan besaran kepemilikan yang signifikan, sulit dipastikan secara rinci berapa total kekayaan yang dimiliki oleh pasangan Raffi dan Nagita. Meskipun demikian, besaran kekayaan yang sering disebut sebagai sultan ini setidaknya dapat terlihat dari sumber pendapatan dan beragam aset signifikan yang dimiliki.

Sumber Pendapatan dan Aset yang Dimiliki
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading