Ini 5 Konglomerat yang Kaya Raya dari Minyak Goreng

Market - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
08 January 2022 10:45
Infografis: Bunda Jangan Ngamuk, Ini 3 Penyebab Harga Minyak Goreng Mahal

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak goreng di Indonesia kian melonjak. Ini tak terlepas dari harga CPO yang juga naik signifikan sejak akhir tahun lalu.

Saat ini harganya minyak goreng kemasan premium tercatat hingga hampir Rp 30 ribu per liter di sejumlah pasar. Padahal sebelumnya hanya sekitar Rp 14 ribu per liternya.

Sedangkan, untuk minyak kemasan non premium atau minyak curah berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) yang pada 29 Desember lalu hanya Rp 18.400/Kg. Pada 5 Januari 2022 menyentuh Rp 18.550/Kg, atau naik 0,81%.


Dengan kondisi ini, maka tak heran kekayaan para pengusaha minyak kelapa sawit yang juga sebagai produsen minyak goreng makin bombastis. Bahkan mereka masuk dalam daftar deretan orang terkaya di Indonesia.

setidaknya, ada lima orang pengusaha Indonesia yang makin jadi Crazy Rich dari usaha minyak goreng:

1. Widjaja

Keluarga Widjaja, pemilik Sinar Mas Group menempati urutan kedua daftar orang terkaya Indonesia 2021 versi Forbes. Produk minyak goreng terkenalnya sudah pasti tak asing lagi terutama bagi ibu-ibu yakni Filma.

2. Anthoni Salim

Anthoni Salim dengan bisnis Grup Salim yang terkenal dengan produk mie instannya yakni Indomie. Ternyata grup ini juga mengumpulkan pundi-pundi kekayaan dari minyak goreng dengan memiliki bisnis kelapa sawit yang dijalankan melalui PT Indofood Agris Resources Ltd. Minyak goreng terkenalnya adalah Bimoli.

Anthoni SalimFoto: CNN Indonesia
Anthoni Salim

3. Bachtiar Karim

Bachtiar Karim pemilik grup Musim Mas menempati urutan ke-10 orang terkaya Indonesia 2021 versi Forbes. Musim Mas diketahui sebagai salah satu perusahaan sawit terbesar di Indonesia.

Produk minyak goreng mereka sangat dikenal di pasaran salah satunya adalah Sanco.

4. Martua Sitorus

Martua Sitorus adalah konglomerat sawit yang menempati posisi ke-14 orang terkaya Indonesia 2021 versi Forbes. Martua adalah pemilik grup Wilmar. Minyak goreng yang diproduksi oleh perusahaannya diantaranya Fortune dan Sania.

Martua SitorusFoto: martua Sitorus
Martua Sitorus


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Naik Gila-gilaan, Ini 'Raja' Pembuat Minyak Goreng


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading